Tiadakan Dana Pelantikan Bupati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tiadakan Dana Pelantikan Bupati

FAJAR.CO.ID, ATAMBUA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belu telah menggelar rapat paripurna istimewa, Selasa (26/1) untuk mengumumkan bupati-wakil bupati terpilih kabupaten Belu pada pilkada 2015 lalu.
Selanjutnya, hasil rapat paripurna itu pun diserahkan ke Biro Tatapem Setda NTT untuk dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri. Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Belu, Januari Awalde Berek dan dihadiri pasangan terpilih, Willy Lay-Ose Luan (SAHABAT).
Ketua DPRD pada kesempatan itu mengakui, hingga saat ini pihaknya belum menerima kepastian jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Namun menurut Walde, sapaan Januari Walde Berek, sesuai prosedur, setelah Mendagri menerima usulan dari daerah, akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen.
“Kalau sudah lengkap maka Mendagri akan terbitkan SK (Surat Keputusan) pelantikan kepada Pak Willy dan Pak Ose Luan selaku paket terpilih. Kita berharap SK pelantikan segera turun sehingga akan dilantik dan segera menjalankan tugas, teruma mengawal pelaksanaan anggaran pembagunan yang sudah DPRD tetap dalam APBD tahun anggaran 2016,” ujarnya.
Dia tegaskan, sesuai Perpres 167 tahun 2016, pelantikan paket bupati-wakil bupati terpilih akan dilakukan secara serentak di ibu kota propinsi (Kupang-red). Sehingga, DPRD Belu dalam sidang paripurna anggaran 2016 yang berlangsung akhir 2015 lalu tidak menetapkan anggaran untuk membiayai pelantikan bupati-wakil bupati terpilih.
“DPRD Belu hanya menetapkan anggaran untuk pengadaan pakaian pelantikan kepada paket bupati-wakil bupati terpilih beserta anggaran untuk perbaikan rumah jabatan wakil bupati terpilih. Sedangkan anggaran untuk perbaikan rumah jabatan bupati kami sarankan kepada pemerintah untuk bangun yang lebih bagus. Mengingat wilayah kabupaten Belu berada persis di daerah perbatasan dengan negara Timor Leste,” jelasnya.(ogi/cel/TIMOREXPRESS)
loading...
Click to comment
To Top