Workaholic Harus Perbanyak Konsumsi Nutrisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Workaholic Harus Perbanyak Konsumsi Nutrisi

download (9)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Banyak orang yang bekerja untuk kebutuhan hidup saja, tapi tidak sedikit yang menjadikan pekerjaan sebagai hobinya, alias workaholic, demi pekerjaan ia rela meninggalkan istirahat bahkan telat makan.

Tidak begitu menjadi masalah besar semebarnya, asalkan pola hidup dan pola makan tetap seimbang. Nah yang penting asupan nutrisinya. Hal tersebut diutarakan Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Unhas Prof dr Veny Hadju.

Veny memaparkan bahwasanya secara keseluruhan, nutrisi yang dibutuhkan tidak berbeda dengan orang kebanyakan. Yang terpenting adalah penyesuaian terhadap berat badan.

Alumnus Cornell University ini mengatakan pola makan sebenarnya bervariasi. Bergantung setiap individu masing-masing. “Menempatkan diri pada kesibukan memang diharuskan. Yang yang terpenting adalah berat badan proporsional dengan gizi yang seimbang. Ini berbeda pada setiap orang,” ujarnya.

Veny menambahkan, seorang workaholic dengan kondisi tubuh yang gemuk lalu makan seadanya kemudian membuat tubuhnya turun tidaklah masalah. Pun sebaliknya, tetapi sekali lagi yang difokuskan adalah bagaimana gizi tetap proporsional.

“Satu piring itu makanan dibagi tiga. Sepertiga makanan pokok (karbohidrat), sepertiga sayuran dan sepertiga lauk dan buah. untuk sayuran tiga sampai lima porsi sehari sedang buah dua sampai tiga porsi sehari,” terangnya.

Ia juga menganjurkan,seseorang harus menyelaraskan energi yang masuk dengan energi yang keluar. Pola makan kata dia jangan berlebihan, agar tubuh tidak menjadi gemuk. Dan bila perlu cemilan diganti buah dan sayur biar lebih sehat.

“Pola makanan berlebihan mengakibatkan kegemukan, gemuk bisa memicu beragam penyakit. Di antaranya diabetes, hipertensi, asam urat dan lain sebagainya,” tambahnya.

loading...
Click to comment
To Top