Wow…. Inilah Tujuh Burung Kicau Termahal 2016, Harganya Fantastik !! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Wow…. Inilah Tujuh Burung Kicau Termahal 2016, Harganya Fantastik !!

MUSIM batu kian memudar. Sedangkan di sisi lain, minat terhadap burung kicau kian berkembang. Apakah musim batu akan digantikan tren burung kicau? Itu tetap menjadi tanda tanya.

Tapi fakta menyatakan demikian, bahwa semakin banyak orang mengejar burung kicau. Harganya juga tidak kalah bersaing dengan harga batu. Langsung saja, berikut adalah 7 burung tersebut:

  1. BURUNG ANIS MERAH

Anis Merah sering disebut juga sebagai Punglor Merah, Punglor Cacing, Anis Bata, atau Punglor Bata. Burung ini termasuk burung yang sangat populer bagi peghobi kicauan beberapa tahun lalu, dengan gaya telernya yang sangat menarik perhatian setiap yang melihatnya.

Anis merah32544

Anis merah jantan akan terlihat mendongak dongakkan kepala jika bertemu anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak, Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan menggetar getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul kira kira begini bunyinya chiiirrr. Harga Anis Merah berkisar antara Rp 500 ribu – Rp 800 ribuan (tergantung kondisi dan kualitas).

  1. BURUNG BRANJANGAN

Burung Branjangan mempunyai kicauan yang nyaring dan pandai menirukan suara burung lain. Branjangan merupakan burung persawahan/ladang yang suka hidup di area terbuka berumput.

Branjangan

Burung Branjangan adalah burung dari bangsa Passeriformes dari famili Alaudidae yang terkenal dapat bernyanyi dengan indahnya. Kepiawaiannya dalam meniru suara burung lain serta gaya bertarungnya dengan cara mengepakan sayap (istilah : ngeper) semakin menambah kesukaan orang untuk memelihara burung ini. Harga: Berkisar antara Rp 100 ribu – Rp 900 ribuan (tergantung kualitas).

  1. LOVE BIRD / LABED

Burung yang satu inipun sudah merambah terkenal sejak beberapa tahuan yang lalu, dengan harga yang lumayan tinggi, secara sepintas ukuran burung hampir sama dengan burung parkit namun perbedaan harganya sangatlah jauh.

Lutino Mata Merah

Suaranya  unik, burung ini bisa menarik para penghobi burung untuk ikut memeliharanya baik yang  sengaja untuk memiliki untuk dijadikan burung perlombaan, ataupun hanya sekedar sebagai hewan peliharaan saja.

Beternak love bird juga tidak terlalu sulit, dengan menggunakan kandang yang berukuran 60x40x30 saja sudah cukup.

Harga burung love bird untuk saat ini berkisar antara Rp 400 ribu – Rp 1.200 ribu (tergantung jenis dan kualitasnya).

  1. KACER

Burung Kacer Jawa atau bisa juga dibilang Kacer Jatim, memiliki warna hitam yang dominan pada bulu. Hampir Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Penyebarannya mulai dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia).

Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas, apalagi jika sudah gacor, sangatlah akan memukau orang yang melihatnya dan ingin memilikinya.

burung kacer

Ada juga Kacer yang bersal dari daerah jawa barat yaitu Bogor dan sekitarnya , atau orang sering sebut dengan Kacer Jabar. Bedanya dengan kacer Jatim adalah separuh kebawah dari bagian dada berwarna putih hingga sampai ekor. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini tentang Perbedaan Burung Kacer Jatim dan Kacer Jabar.

Untuk menjaga agar tidak punah sebaiknya kita disarankan untuk mengembagbiakkan dengan cara emnangkarkannya. Harga burung kacer berkisar antara Rp 250 ribu – Rp 1.500 ribuan (tergantung kodnsi).

  1. JALAK SUREN

Burung jalak suren berukuran sedang sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam dan putih. Bagian yang berwarna putih seperti dahi, pipi, garis sayap, tunggir dan perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, dan tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja).

Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah dengan ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya seperti teriakan yang ribut, sumbang dan riang.

download

Keistimewaan Jalak suren dilambangkan sebagai burung jinak penjaga rumah. Dengan memelihara burung ini, rumah akan selalu terjaga setiap hari. Mungkin ada benarnya anggapan ini karena jalak suren merupakan burung yang sangat peka.

Jika ada orang datang, ia akan bersuara nyaring dan bervariasi. Bisa dipahami kalau banyak orang yang memelihara burung ini. Memang dibutuhkan kesabaran dan membutuhkan waktu yang cukup, apalagi jika kita merawatnya sejak usia burung masih anakan.

Harga burung jalak suren berkisar untuk saat ini antara Rp 400 ribu (bahan dan bakalan) – Rp 1.800 ribuan (tergantung kualitas).

[NEXT-FAJAR]

 

  1. MURAI BATU

Burung Murai Batu adalah burung berkicau cerdas terbaik yang sangat banyak penggemarnya. Burung murai batu disukai karena elegan dari penampilan dan suaranya serta gaya sombong penampilannya, serta hebatnya lagi bisa menirukan suara burung-burung lainnya, tanpa meninggalkan suara khasnya.

Namun untuk membuat burung murai batu rajin berkicau dan gacor, memang membutuhkan kesabaran dan keuletan serta banyak cara yang harus dilakukan dalam perawatannya.

murai batu

Jenis-jenis burung Murai Batu dan asal burung Murai Batu yang banyak dikenal di Indonesia adalah Burung Murai Batu Medan, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Lampung, Burung Murai Batu Aceh, Burung Murai Batu Jambi dan Burung Murai Batu Kalimantan/Borneo.

Suara burung Murai Batu sangat merdu dan bervariasi. Burung Murai Batu terutama yang sangat terkenal yaitu murai batu medan, adalah salah satu burung penyanyi terbaik yang akui oleh dunia dan dari segi harganyapun bervariasi.

Kisaran harga murai batu mulai dari Rp 500 ribu – Rp 3,5 juta (dari berbagai jenis dan tergantung kondisi), dan jika sudah gacor, sudah ikut kontes dan bahkan mendapat kategori juara harga bisa sampai Rp 40 juta bahkan bisa lebih.

  1. CUCAK RAWA / CUCAK ROWO

Burung ini dikenal umum sebagai cucakrawa (cucakrowo : bahasa jawa), cangkurawah (Sunda), dan barau-barau (Melayu). Dalam bahasa Inggris disebut Straw-headed Bulbul, mengacu pada warna kepalanya yang kuning-jerami pucat.

Cucak rawa biasa ditemukan di payapaya dan rawa rawa di sekitar sungai yang sepi, atau di tepi hutan. Sering bersembunyi di balik dedaunan dan hanya terdengar suaranya yang khas melengking.

Suara lebih berat dan lebih keras dari umumnya cucak dan merbah. Siulan jernih, jelas, berirama baku yang merdu. Kerap kali terdengar bersahut sahutan. Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak seperti buah jenis-jenis beringin.

cucak rawa

Menyebar di dataran rendah dan perbukitan di Semenanjung Malaya, Sumatra (termasuk Nias), Kalimantan, dan Jawa bagian barat. Di Jawa Barat terdapat sampai ketinggian 800 m dpl., namun kini sudah sangat jarang akibat perburuan.

Berukuran besar (28 cm), berkepala pucat dengan kumis hitam mencolok. Mahkota dan penutup telinga jingga jerami, punggung coklat zaitun dan bercoret putih. Sayap dan ekor coklat kehijauan, dagu dan tenggorokan putih. Dada abu-abu bercoret putih, perut abu-abu, tungging kuning. Iris kemerahan, paruh hitam, kaki coklat gelap. Harga burung Cucak Rawa berkisar antara Rp 2.000.000 – Rp 5 Jutaan (tergantung kualitas dan kondisi).

Source: …klk

loading...
Click to comment
To Top