6 Langkah Jitu untuk Mencari Dana Darurat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

6 Langkah Jitu untuk Mencari Dana Darurat

Ada di antara kalian yang sedang cari pinjaman uang cepat karena bencana yang menimpa secara tiba-tiba, sementara kondisi finansial Anda tak memungkinkan? Dalam situasi-situasi darurat seperti itu, sepertinya mencari dana darurat adalah satu-satunya cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi.
Mendapatkan dana darurat dalam situasi yang serba terhimpit memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika keluarga atau kerabat terdekat sedang tak bisa membantu sebab mereka juga sedang membutuhkannya. Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti dalam mencari dana darurat untuk menyelesaikan permasalahan Anda, seperti di bawah ini:
1. Dana Darurat Pribadi
Sebagai manusia biasa, kita tak akan pernah mengetahui kapan kondisi darurat akan menghampiri kita. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum terjadi Anda harus mempersiapkannya secara matang dengan menyisihkan sebagian kecil penghasilan bulanan Anda untuk kebutuhan-kebutuhan mendesak yang akan menghampiri di masa mendatang. Berapa jumlah yang harus Anda sisihkan adalah terserah kemampuan Anda. Paksa diri Anda untuk memiliki komitmen memiliki dana darurat tersebut sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga saat ada kebutuhan mendesak Anda tak perlu lagi kebingungan mencari bantuan ke orang lain.
2. Jamsostek
Kartu Jamsostek biasanya dimiliki oleh seorang pegawai atau karyawan. Nah, apabila Anda termasuk salah satunya, saat Anda memerlukan dana darurat, Anda bisa menggunakan kartu tersebut untuk dijadikan agunan atau jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang dari beberapa Bank tertentu. Dengan membuktikan kepemilikan kartu tersebut, kesempatan Anda untuk mendapatkan kredit juga akan lebih besar.
3. Pegadaian
Apabila kalian memiliki agunan berupa barang berharga milik Anda, Anda bisa mencoba mendapatkan pinjaman dana tunai dari pegadaian dengan menggadaikan barang-barang tersebut. Barang-barang yang bisa Anda gadaikan berupa emas, barang elektronik (sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku) dan kendaraan pribadi. Selain barang-barang di atas, apabila Anda merupakan seorang pegawai negeri sipil, Anda juga dapat menggadaikan surat pengangkatan Anda untuk mendapatkan dana darurat.
4. Menjual Barang Bekas
Anda juga dapat menjual barang-barang yang kiranya sudah tak terpakai dalam kondisi darurat. Memang ini merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan jika terhimpit keadaan seperti ini, meski tak seefektif cara-cara seperti yang disebutkan di atas, tak ada salahnya mencoba.
5. Kredit Tanpa Agunan
Banyak orang yang sudah mulai memakai fasilitas pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan dalam kondisi darurat ataupun untuk memenuhi keperluan-keperluan hidup yang lainnya. Produk pinjaman ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan sejumlah pinjaman tanpa mengagunkan suatu barang ditambah dengan segudang kemudahan persyaratan dan prosedur juga proses pencairan yang terbilang cukup cepat. Meski demikian harap pastikan bahwa Anda dapat memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh Bank yang memberikan fasilitas tersebut.
6. Kartu Kredit
Ada beberapa fitur kartu kredit yang sering digunakan seseorang untuk membantunya mengatasi kondisi darurat yaitu gesek tunai dan pembayaran tertentu. Kartu kredit merupakan salah satu solusi yang bisa Anda gunakan dalam kondisi darurat. Hanya saja Anda juga harus membayarkan beban bunga yang dibebankan kepada Anda terhitung mulai saat Anda memakai kartu kredit tersebut. Kartu kredit bukanlah rekomendasi pertama dalam kondisi darurat, tapi patut dicoba jika Anda sudah mentok dan tak tahu lagi harus mencari dana darurat kemana.
Nah, semoga 6 solusi di atas dapat memecahkan persoalan Anda dengan dana darurat yang sangat Anda butuhkan. Selamat mencoba!
Info finansial lainnya
Jangan Ambil Cicilan Kartu Kredit untuk Keperluan Ini!
Punya Rencana Klaim Asuransi Mobil? Baca Ini Dulu

loading...
Click to comment
To Top