Demi PON XIX, Atlet Sepak Takraw Banten Latihan di Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Demi PON XIX, Atlet Sepak Takraw Banten Latihan di Makassar

FAJAR.CO.ID, SERANG – Banten sukses mengunci tiket cabang olahraga (cabor) sepak takraw putra dan putri di PON XIX Jawa Barat 2016. Bahkan tim besutan Muchlis Ali dan Usman Chambari ini mampu finish di peringkat kedua Pada Pra-PON yang dilangsungkan di Jakarta Oktober 2015 lalu.

Usai memastikan tiket PON, tim sepak takraw Banten langsung menggelar pemusatan pelatihan daerah (pelatda). Namun hingga saat ini pelatda masih bersifat desentralisasi. Bahkan lima atlet putra harus masih menjalani latihan di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Pelatih Sepak Takraw Banten Muchlis Ali mengatakan, lima atlet yang berlatih di Sulsel belum bisa bergabung di pelatda lantaran tengah mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Makassar.

“Tidak bisa dipungkiri kalau Sulsel merupakan salah satu kekuatan terkuat sepak takraw di Indonesia. Makanya anak-anak memilih kuliah di sana (Sulsel) agar sambilan bisa menimba ilmu dari pelatih sepak takraw Sulsel. Tapi rencana kami awal Maret 2016 mulai sentralisasi di Cilegon dan Serang,” kata Muchlis kepada Radar Banten di GOR PPLP Banten, Drangong, Kota Serang, Rabu (27/1).

Muchlis menambahkan, meski pelatda masih bersifat desentralisasi, namun tim pelatih tetap mengontrol secara berkala. “Yang di Sulsel ditangani pelatih hebat juga. Kami sudah menitipkan mereka dan latihan yang dijalani mengikuti program latihan yang telah kami susun. Menu latihan mereka sama dengan atlet yang berada di Cilegon dan Serang. Sekali sepekan kami minta pelatih sana mengirim hasil latihan sebagai bahan evaluasi kami,” imbuhnya.

Saat ini, menu latihan kembali ke persiapan umum seperti pembentukan fisik. “Alhamdulillah dengan didampingi pelatih fisik dari KONI Banten, fisik anak-anak semakin bagus. Setelah fisik sempurna, kami mulai melakukan persiapan khusus, diantaranya teknik dan taktik. Kalau mental bertanding sudah bagus karena tim kami diperkuat 70 persen eks tim PON Riau 2012,” terang Muchlis.

Ditambahkan Asisten Pelatih Usman Chambari, kelima atlet yang tengah berada di Sulsel merupakan tumpuan di PON XIX Jawa Barat 2016. “Mereka merupakan atlet senior dan di PON Riau 2012, mereka mampu meraih medali perunggu. Kami mengandalkan mereka untuk meningkatkan prestasi di PON nanti,” ucapnya. (dre/dil/jpnn)

 

loading...
Click to comment
To Top