Fit and Proper Test Ombudsman, Ini Visi Misi La Ode Ida – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Fit and Proper Test Ombudsman, Ini Visi Misi La Ode Ida

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi II DPR RI saat ini tengah melakukan fit and proper test terhadap 18 kandidat calon anggota Ombudsman Republik Indonesia, Kamis (28/1). Dalam proses yang sementara berlangsung, 18 kandidat memaparkan visi misi serta program kerja kedepan selama periode 2016-2021. Rencananya, pada hari ini selain menetapkan sembilan orang anggota Ombudsman, Komisi II juga akan langsung menetapkan ketua Ombudsman RI.

Tak terkecuali La Ode Ida yang merupakan salah satu kandidat kuat dalam pencalonan anggota Ombudsman RI juga telah menyampaikan visi misinya dihadapan Wakil Ketua Komisi II Lukman Edy dan anggota Komisi II.

Yang menjadi tujuan mantan Ketua DPD RI ini untuk mengikuti seleksi anggota Ombudsman adalah ingin menciptakan iklim kondusif pemberantasan KKN melalui peran serta masyarakat dalam hal ini menjadi misi utama reformasi.

”Ombudsman merupakan lembaga negara pertama bentukan pemerinatahan reformasi (era Presiden Gus Dur) untuk mengawal agenda reformasi dengan memperkuat perlindungan hak-hak masyarakat agar memperoleh pelayanan umum, keadilan, dan kesejahteraan secara lebih baik. Serta menjadi lembaga pengawas fungsional independen pelayanan di tengah masyarakat warga dan politik yang demokratis,” jelas La Ode Ida.

Sementara posisi prinsip Ombudsman RI adalah sebagai instrumen pengawasan untuk memperkuat dan atau sebagai rujukan untuk ditindaklanjuti oleh DPR, lembaga-lembaga terkait dalam rangka membantu percepatan pencapaian program pemerintah menuju ke arah kesejahteraan rakyat.

Untuk Visi sendiri, La Ode Ida bertekad memposisikan Ombudsman menjadi lembaga pelayan publik sebagai jantung pemerintahan yang baik (Public service is the heart of good governance). Sedangkan Misinya adalah melakukan revolusi budaya dalam rangka terwujudnya penyelenggara negara yang berorientasi pada pelayanan bagi kepentingan rakyat, mencegah dan mengurangi praktik mal administrasi, sehingga dapat mewujudkan good governance and clean government ke arah terciptanya derajat kesejahteraan rakyat yang lebih baik.

Berikut nama-nama kandidat anggota Ombudsman RI yang juga menyampaikan visi misinya dihadapan Komisi II, Adhar Hakim, Adrianus Eliasta Meliala, Ahmad Alamsyah Saragih, Ahmad Su’adi, Alvin Lie Ling Piao, Amzulian Rifai, Anung Didik Budi Karyadi, Dadan Suparjo Suharmawijaya, Djuni Thamrin, Gunarto, Helda Ritta Tirajoh, Hendra Nurtjahjo, Idham Ibty, La Ode Ida, Lely Pelitasari Soebekty, Ninik Rahayu, Rohani Budi Prihatin dan Sudarto. (hrm)

Click to comment
To Top