Lewat Musyawarah Mufakat, Komisi II Tetapkan 9 Anggota Ombudsman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Lewat Musyawarah Mufakat, Komisi II Tetapkan 9 Anggota Ombudsman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi II DPR RI telah menetapkan 9 anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Penetapan 9 anggota ORI ini ditetapkan setelah melalui proses fit and proper test 18 calon anggota ORI dan dilanjutkan dengan lobi antar fraksi untuk mencari sembilan orang anggota beserta posisi ketua dan wakil ketua, Kamis (28/1).

Ketua Komisi II DPR RI, Rambe Kamarul Zaman menjelaskan penetapan terhadap 9 orang anggota ORI tersebut setelah ada kesepakatan dari 10 fraksi yang ada di Komisi II. Para perwakilan dari kelompok masing-masing fraksi menyerahkan 9 anggota ORI pilihan mereka melalui musyawarah mufakat yang dilakukan masing-masing fraksi.

“Kesepakatan dari 10 fraksi di Komisi II dan setelah mendapat tandatangan dari seluruh perwakilan fraksi mengajukan komposisi 9 anggota ORI yang sudah ditunjuk siapa ketua dan anggota. Kita menilai secara objektif dan musyawarah,” jelas Rambe Kamarul Zaman.

Setelah mememilih ke-9 anggota ORI yang baru tersebut, Rambe berharap para anggota bisa bekerja dengan lebih baik lagi dari sebelumnya dan bisa bertanggung jawab terhadap jabatan yang diemban.

“Mudah-mudahan para anggota ORI yang baru ini bisa bekerja dan melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik,” tambah Politikus Golkar ini.

Selanjutnya, lanjut Rambe Kamarul Zaman, ke-9 nama-nama tersebut akan ditetapkan didalam Rapat Paripurna yang dijadwalkan akan dilangsungkan pada 2 Februari 2016 mendatang. “Hasilnya ini akan kita laporkan dulu di Paripurna untuk selanjutnya diajukan ke Presiden untuk segera dilantik,” tutupnya. (hrm)

Inilah 9 orang anggota Ombudsman Republik Indonesia hasil pilihan Komisi II DPR RI :

1. Amzulian Rifai (Ketua)

2. Lely Pelitasari Soebekty (Wakil Ketua)

3. Ahmad Su’adi

4. Alvin Lie Ling Piao

5. Adrianus Eliasta Meliala

6. Dadan Suparjo

7. La Ode Ida

8. Ahmad Alamsyah Saragih

9. Ninik Rahayu

Click to comment
To Top