Penyedap Rasa Picu Migrain – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Penyedap Rasa Picu Migrain

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Makanan tanpa bumbu penyedap tentu sangat hambar. Tak lengkap rasanya masakan jika tidak diberi penyedap rasa. Namun nyatanya penyedap rasa bisa memicu migrain.

Spesialis Neurologi, Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin dr Muhammad Yunus menuturkan, mengonsumsi penyedap rasa dapat menimbulkan nyeri kepala pada beberapa orang. Bahkan bagi orang yang sensitif dapat memicu terjadinya migrain.

“Tak jarang orang yang sensitif terhadap penyedap rasa langsung mengalami sakit kepala begitu mengonsumsi penyedap. Pembuluh darah di kepala membesar, sedang pembuluh darah di luar kepela mengecil, inilah yang disebut migrain,” kata Dosen dan Staf Klinikal pada Departemen Neurologi ini.

Spesialis Gizi RSWS Prof dr Suryano As’ad membenarkan bahwa penyedap rasa dengan kandungan Monosodium glutamate (MSG) memiliki efek jangka panjang dan jangka pendek pada masing-masing individu. Untuk jangka panjang kata dia adalah memengaruhi sel-sel otak. “Ini kalau dikonsumsi melebihi ambang batas,” katanya.

Suryani mengemukakan bahwa penyedap rasa dalam dosis tertentu tidak mengapa. Ketika ditanya lebih jauh soal dosis toleransi penyedap rasa, ia menuturkan bergantung usia.

“Dosisnya berbeda pada setiap umur. Ada rumus kimia dan ikatan rantai bersifat individual. Ada memang yang rentan tetapi ada juga yang tidak,” lanjutnya.

Terakhir ia menambahkan pengaruh penyedap rasa terhadap seseorang juga bergantung genetik metabolik seseorang.

Click to comment
To Top