Sekolah di Kabupaten Polewali Seperti Gubuk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Sekolah di Kabupaten Polewali Seperti Gubuk

FAJAR.CO.ID,  POLEWALI–Mesti tak jauh dari ibu Kota Polewali, MTS Fhatul Amin Matakali, Kabupaten Polewali Mandar lepas dari perhatian.

MTS ini sungguh memperihatinkan, dengan atap nipa berdinding kayu, serta lantai yang berdebu. Kondisi MTS ini membuat siswa di sekolah itu kerap terganggu. Ditambah kalau musim hujan siswa kerap kehujanan. Bila terik kaki-kaki mereka yang berdebu. Suasana belajar pun tak nyawan.

Kepala sekolah MTS Fhatul Amin Matakali, La Haiyyak, mengatakan kondisi ini telah berlangsung lama. “Fasilitas kami sangat minim. Kelas pun demikian. Ditambah bila hujan atap yang bocor, siswa pun kerap terkena air hujan,” tuturnya.

Meski telah mendapat bantuan dari Kanwil Provinsi Sulbar Rp117 juta. Bantuan itu kata Haiyyak hanya bisa membangun satu ruang kelas. “Ada lima kelas yang rusak. Masih menggunakan nipa, atau dinding kayu. Bantuan itu hanya bisa membantu bangun satu kelas. Itu kelas yang dibangun untuk siswa yang tak miliki ruang belajar, karena kerap belajar di bawah pohon,” tuturnya.

Untuk saat ini MTS Matakali ini masih membutuhkan lima ruang kelas belajar. “Kalau untuk satu gedung Rp150 juta, artinya kita butuh Rp750 juta untuk membangun lima ruang kelas,” tuturnya.

Ia mengaku khawatir bila masuk tahun ajaran baru 2016. “Peminat untuk masuk ke MTS ini cukup banyak. Jumlah siswa saat ini 132 siswa. Pasti tahun ini bertambah terus peminat. Otomatis ruang kelas tidak memadai,” ujarnya.

Padahal menurut Haiyyak, prestasi MTS Matakali dinilai cukup baik. “Banyak prestasi yang kami terima dari siswa. Saat ini kami juga masuk hitungan untuk akreditasi. Bahkan satu siswanya berhasil lolos mewakili pada Jambore Pramuka di Cibubur nanti. Artinya kami cukup berprestasi,” ungkapnya.

Meskipun masih berstatus MTS dikelola oleh Yayasan Fhatul Amin. Sekolah ini didorong untuk bisa menjadi MTS negeri. “Kita sudah usulkan. Mudah-mudahan bisa menjadi negeri. Dan kami hanya minta agar bisa gedung baru, agar sekolah kami layak,” urainya.(Ilham Wasi/fajaronline.com)


 

 

Click to comment
To Top