TPA Majene Butuh Rp26 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

TPA Majene Butuh Rp26 Miliar

FAJAR.CO.ID, MAJENE–Tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Kabupaten Majene membutuhkan anggaran Rp26 miliar. Pembangunan untuk lokasi untuk TPA dipusatkan Lingkungan Moloku Kelurahan Totoli Kecamatan Banggae.

Kepala Dinas Tata Ruang, Permukiman dan Kebersihan (Distarkimber) Kabupaten Majene, Effendy Gasong menjelaskan untuk membangun TPA mulai dari alokasi TPA pembebasan lahan dan sarana pendukung lainnya, lapak-lapak pengolahan sampah, ada workshop pengolahan, rumah jaga, dan anggaran pembebesan lahan.

“Bila dihitung untuk lahan Rp100 ribu permeternya, dengan luas lahan 6 hektar itu membutuhkan anggaran hingga Rp6 miliar. Akan tetapi, apabila bisa diupayakan agar harganya bisa turun anggaran tidak segitu,” ujarnya.

Fasilitas agar TPA itu komplit, kata Effendy, fasilitas lapak-lapak pengolahan sampah, ada workshop pengolahan, rumah jaga, dan lainnya membutuhkan Rp20 miliar.

“Kalau mau lengkap butuh anggaran lebih. Dan bila terealiasasi TPA sampah itu bisa menampung sampah di Majene hingga 50 tahun ke depan, dan ini termasuk rencana jangka panjang,” ujarnya.

Saat ini Pemkab masih melakukan negosiasi untuk pembebasan lahan di lokasi TPA tersebut. Saat ini masih tahap negosiasi untuk lahannya.

“Dan untuk sementara kita tetap punya tempat lokasiempat pembuangan sementara di Kelurahan Tande, dan di lokasi itu pun masih bisa berfungsi hingga 10 tahun ke depan,” jelasnya.

Effendy pun berharap tak pemerintah yang bertanggungjawab terhadap sampah, akan tetapi masyarakat juga terlibat. “Tentunya masyarakat mesti juga ikut berpartipasi untuk mengendalikan sampah,” tuturnya. (Ilham Wasi/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top