Hati-hati Pakai Headset – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Hati-hati Pakai Headset

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Headset menjadi barang yang sangat membantu. Misalnya, ingin mendengarkan sesuatu melalu handphone tapi berada ditempat yang bising tentu adanya headset bisa membantu bukan?  Namun jika anda berlebihan dan tidak hati-hati menggunakannya, headset bisa merusak telinga.

Salah seorang pengguna headset, Andi Rezky Juliarno mengatakan penggunaan headset sudah menjadi bagian dari gaya hidupnya. Baginya  mendengar lagu lewat headset saat berkendara adalah hiburan.

Ia mengaku menggunakan headset hingga berjam-jam lamanya. Soal apakah  pendegarannya terganggu lewat aktifitasnya ini, Rezky menyebut sejauh ini pendengarannya masih normal.

“Sejauh ini pendengaran saya masih bagus. Tidak ada masalah kok,” jelasnya

Nah langsung aja yuk baca dari ahlinya. Spesialis Telingan Hidung dan Tenggorokan, Rumah Sakit Internasional Wahidin Sudirohusodo (RSWS), dr Aminuddin Azis menuturkan, menggunakan headset dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan telinga. Kemampuan pendengaran bisa menurun tanpa disadari.

Aminuddin menyarankan untuk menghindari penggunaan headset sesering mungkin. Namun jika terpaksa, maka ada beberapa aturan untuk meminimalkan turunnya fungsi pendengaran.

Yang pertama mesti dilakukan adalah kekuatan suara harus di bawah 50 persen dari total volume yang disediakan. Kedua batasan penggunaan headset yang maksimal hanya sejam

“Ini harus dilakukan. Lewat dari sejam pemakaian headset maka telinga harus diistirahatkan. Jika tidak hal ini dikhawatirkan akan merusak rumah siput atau koklea yang terdapat pada telinga,” ungkapnya.

Koklea atau rumah siput, lanjutnya adalah struktur penting pada telinga. Sebab koklea mempunyai fungsi untuk mengubah bunyi dari getaran mekanis menjadi sinyal yang dikirim ke otak melalui saraf auditori.

“Intinya koklea menjadi salah satu organ telinga yang berperan besar didalam menghasilkan kualitas bunyi yang detail dan alami,” jelasnya.

lebih lanjut Aminuddin mengatakan agar penggunaan headset juga jangan terlalu ditekan masuk kedalam. Sebab hal ini bisa memberi dampak buruk bagi gendang telinga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top