Astaga! Lihat, Sekolah MTS di Bone Ini, Mirip Kandang Ternak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Astaga! Lihat, Sekolah MTS di Bone Ini, Mirip Kandang Ternak

FAJAR.CO.ID, BONE – Melihat kondisi sekolah MTS Baital Mukaddas Poppai, Desa Sanrego, Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), membuat teringat dengan puisi Prof Dr Winarno Surachmad. Puisi yang dibacakan pada peringatan Hari Pendidikan membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berang.

Puisinya adalah Kapan Sekolah Kami Lebih Baik dari Kandang Ayam. Ternyata judul dan bait puisi yang dinilai JK terlalu hiperbola atau melebih-lebihkan itu sudah terbukti ada, sejak puisi itu dibacakan pada 2005 lalu.

Sudah banyak contohnya sekolah di Indonesia yang tak lebih baik dari kandang ayam. Termasuk hari ini, di kampung halaman Sang Wakil Presiden JK, ada sekolah yang terlihat sangat memprihatinkan.

Lihatlah fotonya, apakah MTS Baital Mukaddas Poppai akan membantah sekolah ini tidak mirip kandang ayam? Mungkin saja akan ada mengatakan lebih bagus kandang ayam karena biasanya tidak bolong-bolong agar ayam tak lepas atau keluar kandang. Tapi sekolah ini?

Fandi, operator Sekolah MTS Baital Mukaddas Poppai, mengatakan, meski kondisinya memprihatinkan akan tetapi proses belajar mengajar tetap jalan.

Sekolah tersebut dirintis sejak tahun 2012 lalu, hingga sampai saat ini kita masih tetap melakukan proses belajar mengajar dengan kondisi bangunan yang berdindingkan papan papan yang compang camping.

Ditambahkannya bahwa saat ini memiliki siswa 27 orang dan dengan guru relawan.

“Harapan kami semoga saja pemerintah bisa meliat kondisi kami yang seperti ini, yang berjuang untuk mencerdaskan dan mensejahterakan generasi kita,” ujar Fandi pada pojoksulsel.com.

Sekolah yang membuat kita miris dan bahkan untuk menjadikannya sebagai kandang ayam pun tak layak karena terlalu banyak bolong. Ayam bisa lepas dan hilang. (jumardi ramling/pojoksulsel)

loading...
Click to comment
To Top