Ini Penjelasan Ahli, Soal Misteri Racun Sianida untuk Mirna – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Penjelasan Ahli, Soal Misteri Racun Sianida untuk Mirna

FAJAR.CO.ID,  ASAL-usul racun sianida yang diduga dicampurkan divietnamese coffee ice hingga akhirnya menewaskan Wayan Mirna Salihin masih menjadi misteri. Ahli toksikologi Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengatakan, polisi harus cermat membuktikan sianida yang disebut terkandung dalam kopi yang diminum Wayan Mirna Salihin. Termasuk dari mana pelaku bisa mendapatkan racun tersebut.

Kata Budiawan, bisa saja racun itu didapat dari Indonesia. Meski selama ini beredar kabar bahwa Jessica pernah bekerja di salah satu perusahaan kimia di Australia.

Keyakinan Budi tersebut diperkuat longgarnya aturan di dalam negeri untuk mendapatkan sianida. ”Memang kita sudah punya PP 74/2001 tentang bahan kimia berbahaya, tapi itu masih sangat longgar,” ujar Budi saat dihubungi kemarin.

Indonesia, kata dia, tidak memiliki protokol bagi warga untuk mengakses bahan kimia mematikan semacam sianida. Karena itu, Budi mendesak DPR segara membahas RUU Bahan Kimia yang kini masuk prolegnas. Dia termasuk ahli yang menginisiatori terbentuknya RUU tersebut.

Menurut Budi, cara mendapatkan sianida di Indonesia bisa melalui industri yang memang memiliki kebutuhan bahan tersebut. Pembelian melalui perusahaan biasanya berskala besar.

Nah, menurutnya, pembelian skala kecil biasanya dilakukan orang yang berkecimpung di laboratorium. Biasanya, penjualan terkecil dikemas 250 miligram. ”Saya rasa pelaku bisa mendapatkan lewat dua jalur tersebut,” ujarnya. (gun/agm/mas)

To Top