Kalau Sianida 15 Gram, Korban Langsung Tewas Ditempat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Kalau Sianida 15 Gram, Korban Langsung Tewas Ditempat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ahli toksikologi Universitas Indonesia (UI) Budiawan mengaku sedikit ragu dengan kandungan sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin sebanyak 15 gram atau setara 15.000 miligram. Menurut dia, Mirna seharusnya sudah bisa terbunuh dengan sianida sekitar 400 miligram.

Angka tersebut didapat dari perhitungan lethal dose (LD) atau dosis yang mematikan. Perhitungannya, sianida 6,4 miligram dikali berat tubuh manusia. Jika diperkirakan berat tubuh Mirna sekitar 60 kg, berarti dibutuhkan sekitar 380,4 miligram.

”Pasti kalau benar kandungan di kopinya 15 gram, korban langsung tewas di tempat saat itu juga,” terangnya.

Jika memang benar 15 gram, Budi yakin sianida yang dibawa pelaku dalam bentuk serbuk, bukan cairan. Menurut dia, pelaku akan kesulitan jika sianida tersebut dibawa dalam bentuk cair.

Selain itu, akan timbul bau yang menyengat. ”Tapi, kalau benar serbuk seberat itu, ya pelaku pasti butuh upaya lebih untuk mempercepat proses pelarutannya,” jelasnya.

Sifat sianida, menurut Budi, hampir sama dengan garam. Berat jenisnya hampir sama dan mudah larut, apalagi dalam air panas. Sianida juga tidak mampu mengubah warna kopi yang hitam pekat. Oleh karena itu, bisa saja korban tidak curiga dengan kopi yang diminumnya. (gun/agm/mas)

loading...
Click to comment
To Top