Usul KPK, Lebih Baik Kasus Novel Selesai di Luar Pengadilan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Usul KPK, Lebih Baik Kasus Novel Selesai di Luar Pengadilan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Energi Komisi Pemberantasan Korupsi yang difokuskan menangani kasus rasuah bakal tersedot lagi, menyusul perkara penyidiknya, Novel Baswedan kembali mengemuka. Pasalnya, Kejaksaan Negeri Bengkulu melimpahkan perkara dugaan penganiayaan pencuri sarang burung walet 2004 ke Pengadilan Negeri Bengkulu.

KPK pun akan membela Novel baik di dalam maupun di luar pengadilan. Di satu sisi, KPK berharap kasus ini bisa selesai di luar peradilan di persidangan.

“Tadi Pak Ketua (KPK Agus Rahardjo) bilang diharapkan bisa diselesaikan dengan menggunakan cara kekeluargaan,” kata Wakil Ketua KPK La Ode M Syarif mendampingi Agus saat jumpa pers di markas KPK, Senin (1/2) malam.

Lantas apakah para pimpinan KPK siap mengundurkan diri bila Novel benar-benar disidang? Syarif menegaskan bahwa ini tidak ada hubungannya dengan mengundurkan diri atau tidak.

Namun, ia menegaskan, KPK akan memberikan dukungan jika kemungkinan paling buruk terjadi yakni kasus Novel disidangkan. Syarif menambahkan, KPK memahami betul kasus yang menimpa Novel.

“Kami anggap Novel ini adalah aset. Kami paham betul kasusnya makanya kami berikan support,” tegas Akademisi Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, itu.

Kalau pun Novel disidangkan, lanjut Syarif, tidak akan mengganggu penanganan kasus dugaan korupsi yang tengah dipegang Novel di KPK. Sebab, kata dia, di KPK penyidik tidak satu orang namun ada satuan-satuan tugas.

“Kalau sampai dilimpahkan, Novel dikonsentrasikan untuk menghadapi itu, anggota lain akan bekerja,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, KPK belum berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo. Mereka tidak ingin merepotkan Presiden untuk mengurus persoalan yang seharusnya bisa diselesaikan secara internal antarlembaga penegak hukum itu. “Belum ada. Seharusnya masalah ini bisa diselesaikan secara internal,” tegasnya.

Agus Rahardjo menyatakan, akan memberikan dukungan penuh kepada Novel, termasuk pendampingan hukum. Ia berharap kasus ini selesai tidak sampai persidangan.(boy/jpnn)

 

 

Click to comment
To Top