15 Februari, Bupati Koltim dan Konsel Dilantik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

15 Februari, Bupati Koltim dan Konsel Dilantik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo telah menyusun rencana jadwal pelantikan bagi gubernur, bupati/walikota yang terpilih pada pilkada serentak gelobang pertama yang diselenggarakan pada 9 Desember 2015 lalu.

Untuk pelantikan tahap pertama ini diperuntukkan kepada daerah-daerah yang hasil Pilkada tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK). Pelantikan gubernur dan wakil gubernur nantinya akan diselenggarakan pada tanggal 11-12 Februari 2016 bertempat di Istana Negara. Sementara untuk bupati/walikota terpilih dilaksanakan pada 15 Februari 2016.

“Tanggal 11-12 Februari dilaksanakan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Bapak Presiden RI (kecuali Provinsi Kalimantan Tengah) di Istana Negara,” kata Tjahjo Kumolo melalui pesan di Blackberry Messangernya, Selasa (2/2).

Beberapa hari berselang, tepatnya pada tanggal 15 Februari 2016 kemudian dilanjutkan dengan pelantikan bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pilkada Serentak. Sesuai dengan UU, pelantikan tersebut akan dilaksanakan oleh gubernur di ibukota Provinsi.

“Rencana tanggal 15 Februari 2016 pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih (yang tidak ada gugatan dan belum ada keputusan sengketa oleh MK),” lanjutnya.

Nah, setelah pelaksanaan pelantikan nantinya seluruh kepala daerah akan dikumpulkan oleh Presiden untuk mendengar langsung arahan-arahan yang dijadwalkan pada bulan Februari. “Dilanjutkan diagendakan jadwal acara pengarahan oleh Bapak Presiden pada bulan Februari 2016,” tutupnya.

Untuk diketahui, pada pelantikan tahap pertama 15 Februari ini terdiri dari 61 pasangan bupati, 4 pasangan walikota dan 2 gubernur. Di Sulawesi Tenggara (Sultra) sendiri bupati yang akan dilantik oleh Gubernur Sultra, Nur Alam pada 15 Februari adalah Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah – Andi Merya dan Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga – Arsalim. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top