Inilah Detik-detik Racun Sianida Masuk ke Tubuh Mirna – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Inilah Detik-detik Racun Sianida Masuk ke Tubuh Mirna

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Bidang Kesehatan dan Kedokteran (Kabid Dokkes) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Musyafak mengatakan, racun sianida ketika masuk dalam organ tubuh akan langsung merusak organ tubuh.

Menurut dia, reaksi korosif dalam tubuh manusia hanya memerlukan waktu 15 detik. Dalam waktu itu, sianida akan berselancar dengan jaringan sel-sel tubuh.

“15 detik bisa masuk langsung masuk ke ‎dalam sel tubuh,” kata Musyafak, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa, (2/2).

Musyafak mengatakan setelah tiga menit di dalam tubuh, sianida akan memengaruhi pernafasan. Korban akan merasa kesulitan untuk bernapas. Hal ini karena reaksi sianida mengakibatkan tubuh memerlukan oksigen lebih banyak.

“Akibatnya, frekuensi pernafasan butuh lebih banyak,” kata dia.

Setelah delapan hingga sepuluh menit di dalam tubuh, sianida akan menyebabkan sesorang tak sadarkan diri. Pada fase ini, sianida mengambil alih sistem pernapasan. Karenanya, jantung tak dapat menerima oksigen dengan baik, maka korban akan mengalami kejang-kejang.‎

Musyafak mengaku sudah melihat reaksi Mirna setelah menyeruput kopi di Kafe Olivier memalui rekaman CCTV.  Kendati demikian, dia enggan mengatakan apakah reaksi Mirna sama dengan penjelasannya tentang orang yang meminum sianida.

“Nanti. Meskipun saya sudah melihat (rekaman kamera keamanan-red), tim penyidik yang akan menjelaskan,” pungkasnya. (Mg4/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top