Nur Alam Paparkan Revitalisasi Teluk Kendari di Jepang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Nur Alam Paparkan Revitalisasi Teluk Kendari di Jepang

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Gubernur Sultra, Nur Alam didampingi sejumlah pejabatnya melakukan kunjungan kerja di Tokyo, Jepang. Senin malam (1/1), dilakukan pertemuan dengan para petinggi JICA di Nibanco Centre Bulding.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Sultra berterima kasih atas kerja sama yang telah berlangsung dengan baik, terutama dalam kaitan peningkatan kapasitas perencana di Bappeda Provinsi Sultra maupun beberapa kabupaten kota,” kata Nur Alam, saat membuka percakapan sebagaimana press release Kepala Bappeda Sultra, Nasir Andi Baso.

Selanjutnya, Nur Alam juga memaparkan berbagai potensi unggulan Sultra serta upaya percepatan pembangunan di bidan infrastruktur wilayah. Mulai kekayaan alam yang terkandung dalam perut bumi Sultra hingga dipermukaanya semua dipaparkan. Penjelasan gubernur yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang itu benar-benar membuat antusias para petinggi JICA di Tokyo, Jepang.

Penjelasan menarik lainnya adalah rencana penataan Teluk Kendari melalui grand desain yg disebut Revitalisasi Teluk Kendari. Revitalisasi harus dilakukan mengingat Teluk Kendari yang memiliki bentuk indah itu dalam ancaman sedimentasi yang sangat mengkhawatirkan dengan pendangkalan yang begitu massive dan cepat.

“Hal ini memerlukan teknologi tertentu untuk mengendalikan air sejak dari hulu hingga masuk teluk,” kata gubernur seraya mengungkapkan upaya pembersihan ranjau yang dilakukan karena diduga terdapat ranjau Jepang di dasar Teluk Kendari.

Pihak JICA sangat respek dengan penjelasan gubernur dalam dialog yang sangat terbuka tersebut. Hasil pertemuan itu akan ditindak lanjuti oleh masing-masing pihak sesuai mekanisme koordinasi. Pemprov akan koordinasi dengan Bappenas.

Hadir pada pertemuan itu yakni, Shimokawa Takao senior Advisor to the Director General Director Southeast Asian Division I, Matsunaga Masaei Deputy Director General kawasan Indonesia,Kamboja ,Singapura, Brunaei, Malaysia dan Laos, serta Murayama Hiroshi Deputy yang menangani Infrastruktur. Sementera Gubernur Nur Alam didampingi Ketua DPRD Sultra, Abdurahman Saleh serta beberapa pimpinan SKPD Prov. Sultra.

“Kunjungan kerja gubernur ini merupakaan hasil pembicaraan sebelumnya dengan pihak JICA perwakilan Makassar,” kata Nasir Andi Baso menutup keterangannya. (KN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top