Buat E-KTP Mudah, Asal Warga Harus Jujur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Buat E-KTP Mudah, Asal Warga Harus Jujur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) seumur hidup mulai diberlakukan ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Hal itu tertuang dalam surat edaran yang ditetapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 29 Januari 2016 lalu.

Tjahjo mengatakan, KTP-el yang berlaku seumur hidup ini guna memudahkan pemegang kartu sekaligus memangkas oknum yang melakukan pemungutan liar untuk perpanjangan KTP-el.

“Jadi tidak perlu lagi memperpanjang setiap lima tahun sekali sebagaimana aturan sebelumnya,” ujar dia di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (2/2).

Meski begitu, kata Tjahjo, aturan baru ini akan berjalan maksimal, jika petugas dari tingkat kelurahan dan kecamatan lebih responsif dalam  proses pembuatan KTP-el.

Seperti pembuatan KTP-el ganda. Jika ada yang sebelumnya pernah merekam KTP-el, lalu pindah domisili, kemudian melakukan perekaman lagi, maka KTP-el baru tidak akan pernah keluar. Jadi harus mengurus surat pindah terlebih dahulu dan cukup mengganti kolom alamat.

“Yang jelas membuat KTP-el itu sebetulnya mudah, seperti pembuatan SIM namun warganya itu harus jujur,” tegas mantan Sekjen DPP PDI-Perjuangan.

Ia mengakui, banyaknya laporan terkait blanko KTP-el ini habis di tingkat kabupaten/kota sehingga penerbitannya terhambat. Bahkan, tinta yang tak kunjung tersedia.

Namun ada juga lantaran kinerja SDM tak profesional. Akibatnya, warga harus menunggu lama KTP-el mereka selesai. “Instruksinya itu pembuatan KTP-el harus cepat. Satu hari itu juga bisa selesai seperti bikin SIM saja,” tandas Tjahjo. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top