8 Traktor Siap Dongkrak Panen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

8 Traktor Siap Dongkrak Panen

FAJAR.CO.ID, UNGARAN – Permasalahan tenaga kerja di bidang pertanian kian dirasakan wilayah kabupaten Semarang. Tidak saja tenaga manusia, namun minimnya hewan sapi atau kerbau untuk menarik bajak juga menjadi pekerjaan rumah yang belum bisa diselesaikan.

“Tenaga kerja makin susah dicari, karenanya, traktor tangan menjadi salahsatu solusi untuk mengolah lahan pertanian,” ungkap Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan & Perhutanan Kabupaten Semarang, Ir Urip Triyogo saat mewakili petani menerima bantuan traktor tangan dari lembaga pembiayaan Adira, di komplek Kampungrawa, Ambarawa, Rabu (3/1).

Triyogo menambahkan, dari sekitar 27 ribu hektar lahan pertanian didominasi persawahan. Dimana, dari angka tersebut dibuthkan ribuan traktor tangan untuk mempercepat proses pengolahan lahan. “Untuk mengolah lahan 27 ribu hektar atau sekitar 41 ribu hektar luas lahan pertanian dibutuhkan sekitar 2.000 traktor tangan. Saat ini baru tersedia 1.100 dan masih dibutuhkan sekitar 900 hingga 1.000 traktor dan hal ini bisa melibatkan sector suwasta,” ungkap triyoga.

Melihat permasalahan petani, Triyoga member apresiasi positif kepada Adira dengan konsentrasi memberikan bantuan pertanian berupa traktor tangan. “Delapan traktor tangan akan diserahkan kepada empat Gapoktan dengan begitu diharapkan akan mempercepat pengolahan dan memperbanyak panenan. Tahun 2015 kita ditarget 227 ribu ton dan tercapai 232 ribu ton diharapkan tahun ini akan bertambah,” imbuhnya.

Sementara itu, Willy Suwandi Dharma Presiden Direktur (Presdir) Adira Finance, usai pemberian bantuan mengungkapkan, traktor tangan merupakan CSR yang diberikan perusahaan yang dipimpinnya dibindang pertanian.

Pemberian bantuan, imbuh dia, disertai dengan kegiatan konvoi mobil VW dari Kota Semarang ke Kabupaten Semarang. Willy Suwandi Dharma Presdir Adira Finance menjelaskan, bantuan alat pertanian ini merupakan kegiatan CSR rutin yang dilakukan setiap tahun. Tidak hanya bantuan alat pertanian tapi juga memberikan bantuan sosial lainya seperti, Bantuan bencana alam, bantuan kesehatan. “Kegiatan CSR yang kami lakukan ini sebagai kegiatan rutin setiap tahun. Pada awal tahun 2016, kami sengaja memberikan bantuan pada bidang pertanian berupa delapan handtractor kepada kelompok tani khususnya di wilayah kabupaten Semarang,“ ujarnya usai memberikan bantuan secara simbolis, Selasa (2/2) siang kemarin di Kampung Rawa, Ambarawa.

Bantuan diberikan secara gratis tanpa ada pembayaran sepersen pun, kami berharap semoga bantuan delapan Handtractor ini dapat meningkatkan kualitas tanaman padi dan menghasilkan panen yang maksimal serta dapat meningkatkan perekonomian para petani dengan bekerja secara modern dan cepat menggunakan handtractor untuk menggarap Sawahnya, “jelasnya.

Dipihak lain, Budiyono, perwakilan petani dari Kecamatan Ambarawa mengaku bantuan akan dititipkan di kantor kecamatan. Dimana, setiap petani yang akan meminjam dikenakan biaya sewa. “Uang hasil sewa akan digunakan untuk biaya perawatan dan jika bisa akan digunakan untuk beli traktor baru biar daftar tunggu tidak terlalu lama,” akunya. (Jw/rakyatjateng)

 

loading...
Click to comment
To Top