Duh, Sulsel Daerah KLB DBD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Duh, Sulsel Daerah KLB DBD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Demam Berdarah Dangue (DBD) mewabah di sejumlah daerah. Sebanyak 492 orang menjadi korban dari gigitan nyamuk aedes aegypti ini. Tingginya penderita DBD membuat 11 kabupaten/kota menyatakan wabah ini sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan, 11 daerah KLB DBD ini tersebar di tujuh provinsi. Ketujuh provinsi tersebut meliputi Gorontalo, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Banten.

Sedangkan 11 kabupaten/kota yang dinyatakan KLB DBD, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Lubuklinggau, Kaimanan, Bulukumba, Pangkep, Luwu Utara, Wajo, Kabupaten Tanggerang, dan Gianyar. Selain itu KLB DBD menghajar Kota Denpasar dan  Kota Bengkulu.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi menyebutkan, memperkirakan penderita DBD ini akan terus bertambah. Diperkirakan lonjakannya terjadi pada Maret mendatang.

“KLB DBD baru ditetapkan di tingkat daerah. Secara nasional belum,” ujar Oscar Primadi di Jakarta, Kamis (4/2).

Kemenkes, imbuhnya, terus melakukan antisipasi atas merebaknya wabah ini, dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Khususnya, menggerakkan kelompok kerja fungsional (pokjanal) DBD agar lebih aktif.

Sementara untuk kesiagaan, Kemen‎kes menyediakan dukungan logistik berdasarkan permintaan di daerah. Untuk deteksi dini, mereka menyediakan Rapid Diagnostic Test (RDT). “Sedangkan pengendalian vektor ada larvasida, insektisida, dan tiga unit mobil ULV di dinkes Jaeng, Jatim, dan KKP Kupang,” tandasnya. (dna/JPG)

Click to comment
To Top