Panasonic – Toshiba Tutup, Ribuan Buruh Terancam di PHK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Panasonic – Toshiba Tutup, Ribuan Buruh Terancam di PHK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dua perusahaan elektronik asal Jepang, yakni PT Panasonic Lighting dan PT Toshiba tahun ini bakal tutup di Indonesia. Setidaknya ada tiga lokasi pabrik yang akan ditutup, yaitu di Cikarang, Bekasi, dan Pasuruan, Jawa Timur.

Sebanyak 2.500 pekerja terancam di-PHK lantaran penutupan tiga lokasi pabrik tersebut. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, sebenarnya tidak ada PHK besar-besaran karena lokasi tutupnya pabrik akan direlokasi ke Bogor, Jawa Barat.

“Karena yang sekarang pindah ke suatu tempat, katanya di Bogor. Memang akhirnya membuat yang mau pindah ya pindah, yang tidak ya tidak. Tapi kalau kemudian mereka tidak ingin pindah, ya tentunya terjadi PHK. Tentunya akan ada penerimaan pekerja baru,” ujar Pramono di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/2).

Lantas apa Presiden Joko Widodo sudah berkomunikasi langsung dengan pimpinan Toshiba dan Panasonic terkait nasib ribuan buruh itu? Ini ditampik Pramono. Menurutnya, itu menjadi tugas kementerian. Namun, presiden akan tetap mendapatkan laporan terkait hal tersebut.

“Enggak perlu begitu, kami saja. Yang jelas saya sudah komunikasi sendiri,” tandas mantan anggota DPR ini. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top