Waspada… Tator KLB Demam Berdarah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waspada… Tator KLB Demam Berdarah

FAJAR.CO.ID, MAKALE – Dinas Kesehatan Tana Toraja bergerak cepat dalam menangani wabah demam berdarah di daerahnya. Bahkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu telah menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah. Peningkatan status itu terus bertambahnya penderita yang dirawat di dua rumah sakit di daerah pariwisata tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr Samuel Palin Buli mengatakan demam berdarah sudah termasuk kejadian luar biasa. Peningkatannya cukup tinggi berupa dua kali lipat pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada Januari 2015 lalu, jumlah penderita demam berdarah di Tator hanya dua kasus. Sedangkan Januari 2016, jumlah kasus meningkat berkali-kali lipat. Hingga Rabu 3 Februari, jumlah penderita demam berdarah mencapai 31 kasus.

Dari 31 kasus ini, 22 dirawat di RSUD Lakipadada dan Rumah Sakit Fatimah Makale sebanyak sembilan orang. “Jumlah penderita demam berdarah meningkat tajam selama sepekan belakangan. Pada akhir Januari lalu, jumlah penderita yang dirawat di rumah sakit baru mencapai 20 orang,” ujarnya. Kamis 4 Februari.

Sebaran kasus juga meluas hampir ke semua wilayah di Tana Toraja serta Toraja Utara. Lokasi dengan penderita terbanyak Kelurahan Kamali Pentalluan, Kecamatan Makale sebanyak sembilan orang, Kecamatan Mengkendek (3 orang), Kelurahan Pantan (1 orang), Kelurahan Tondon Mamullu (6 orang ), Kampung Baru (2 orang), To’kaluku (6 orang), Kecamatan Rembon (1 orang), dan Kelurahan Bombongan sebanyak dua orang.(*/fajaronline)


 

 

loading...
Click to comment
To Top