Wow… PKB Bahas Pembubaran DPD, Begini Reaksi Irman Gusman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Wow… PKB Bahas Pembubaran DPD, Begini Reaksi Irman Gusman

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua DPD RI Irman Gusman menolak wacana pembubaran DPD RI yang masuk dalam agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akan berlangsung pada 5-6 Februari 2016 di Jakarta.

“Tentu, kami menolak wacana pembubaran DPD RI sebab lembaga ini lahir sebagai hasil perjuangan reformasi yang menghendaki terwujudnya keseimbangan dua kamar (DPR dan DPD RI) untuk terwujudnya check and balanced,” kata Irman Gusman di Gedung Nusantara III, di kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (4/2).

Tapi, kalau konteksnya evaluasi lanjut Irman, patut didukung dan momen terbaiknya berbarengan dengan pengkajian dihidupkannya kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN), melalui amandemen UUD NRI 1945 nanti.

Dijelaskan Irman, apa yang disampaikan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu justru untuk penguatan DPD RI melalui amandemen UUD NRI 1945. “Tapi DPD lebih mendorong terbentuknya GBHN terlebih dahulu sebelum penguatan DPD RI. Makanya DPD belum bicarakan ini dalam konsultasi pimpinan lembaga-lembaga, karena DPD fokus pada GBHN,” ujarnya.

Kecuali dengan pimpinan partai politik, DPR dan MPR, menurut senator asal Sumatera Barat ini, diskusi mengenai penguatan DPD relatif sudah sering berlangsung.

“Dasarnya, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menetapkan fungsi DPD RI untuk terlibat dalam pembahasan RUU, anggaran dan pengawasan bersama DPR RI. Tapi belum sampai pada tingkat bisa ikut memutuskan. Jadi, kita dukung DPD diperkuat dan bukan dibubarkan,” pungkasnya.(fas/jpnn)

loading...
Click to comment