Bahaya! Disini 25 Persen Penderita HIV/AIDS Adalah Ibu Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Bahaya! Disini 25 Persen Penderita HIV/AIDS Adalah Ibu Hamil

FAJAR.CO.ID, SANGATTA – Penularan HIV dan AIDS pada ibu hamil dan anak dinilai Komisi Pencegahan AIDS (KPA) Kutai Timur (Kutim) berpotensi sangat besar. Pasalnya, dari data rekapan KPA Kutim, setiap tahunnya selalu ada ibu hamil dan anak yang terinfeksi virus tersebut.

Bahkan 25 persen dari penderita HIV adalah para ibu hamil. Karena itu, para ibu hamil dinilai perlu mendapatkan wawasan cara penanggulangan HIV dan AIDS.

Upaya pencegahan dini yang coba dilakukan KPA Kutim salah satunya yakni dengan melaksanakan kegiatan Sosialisasi HIV dan AIDS pada kehamilan untuk kader Posyandu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemaham kepada para ibu hamil dan anak bagaimana cara pencegahan penularan HIV dan AIDS sejak dini,” kata Kepala KPA Kutim Harmadji Partodarsono ditemui di sela-sela acara di RS Asy-Syifa, Jalan Yos Sudarso II, Kamis (4/2) .

Dia menambahkan, berdasarkan data epitemologi HIV dan AIDS di dunia pada tahun 2009, terdapat 33,4 juta orang terjangkit virus tersebut. Bahkan 50 persen di antaranya adalah perempuan. Sedangkan 2,1 juta adalah anak berusia kurang dari 15 tahun. (sp/jos/jpnn)


loading...
Click to comment
To Top