Cicilan 0% Kartu Kredit Kok Bisa ya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Cicilan 0% Kartu Kredit Kok Bisa ya?

Kalau anda mendapatkan tulisan “cicilan 0%” untuk pembelian menggunakan kartu kredit papan atas seperti kartu kredit BNI atau kartu kredit Bank Mandiri. Apakah kita sebagai kustomer sedang diperdaya. Ingat kata pepatah, ada udang di balik batu. Pepatah ini ternyata sangat pas sekali dengan promo “cicilan 0 persen kartu kredit”. Bahkan, ada yang bilang kalau promo kartu kredit ini penuh dengan jebakan. Tampaknya memang adem-ayem. Namun, ketika anda masuk dalam “kuali”.

Kita sebagai kustomer mungkin akan bertanya tanya apakah betul “cicilan 0%” ini menguntungkan. Masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya arti “cicilan 0%”. Dan, sayangnya pihak bank pun terlihat enggan menjelaskan hal ini kepada nasabahnya. Sebagai nasabah, anda berhak 4 hal di balik “cicilan 0 persen kartu kredit”, yaitu:

1. Limit berkurang sesuai harga barang

Apabila limit kartu kredit Rp 10 juta, anda membeli handphone Samsung seharga Rp 6 juta dengan fasilitas cicilan 0 persen. Maka, limit kartu anda akan berkurang Rp 6 juta. Jadi, limit anda tinggal Rp 4 juta. Cicilan pada bulan-bulan berikutnya akan seperti itu hingga cicilan anda lunas.

2. Cashback/point rewards? Goodbye.

Bank tidak akan memberikan anda bonus berupa cashback/point rewads dalam transaksi cicilan 0 persen kartu kredit. Pihak bank sudah menganggap cicilan 0 persen yang anda ambil itu sebagai “bonus”.

3. Biaya administrasi ada di mana-mana

Biaya administrasi selalu ada di mana-mana. Mau membeli rumah, ngurus surat nikah, atau bahkan ngurus kematian pun ada biaya administrasi. Layanan cicilan 0 persen kartu kredit pun, ada biaya administrasi lho. Tergantung masing-masing bank penerbit kartu kredit. Jadi cermati dulu jika bank anda mengenakan biaya administrasi.

4. Bayar dulu, baru tutup

Bila cicilan anda belum lunas, maka anda tidak bisa menutup kartu kredit anda. Kalau pun anda mau melunasi sebelum jatuh tempo, anda akan dikenakan biaya lagi. Pihak bank di sini, tidak mau rugi. Mereka tetap mencari untung, meski nasabah terkadang merasa buntung. Oleh sebab itu, pihak bank selalu memastikan kalau anda berkomitmen sesuai dengan perjanjian awal.

Empat hal tersebut merupakan rahasia umum. Namun, masih sedikit pengguna kartu kredit yang mengetahui hal itu. Kalau anda belum tahu, berarti pas banget artikel ini ya. So, anda jangan sembarangan mengambil fasilitas cicilan 0 persen. Pastikan dulu bagaimana cara mainnya.

Sering terjadi tuh, saat memakai cicilan 0 persen, tiba-tiba kartu kredit anda ditolak karena kelebihan limit. Tidak hanya itu, bahkan terkadang anda dikenai surcharge atau biaya tambahan gara-gara overlimit. Nah, malah berabe kan urusannya. Baca dulu baik-baik segala aturan main “cicilan 0%” pihak bank yang menerbitkan kartu anda, biar anda gak “kalah” mulu.

Bila anda merasa ada yang tidak beres dengan Bank penerbit kartu kredit anda, segera tuh laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau bank memang sewenang-wenang atau malah melanggar hukum, maka pihak bank bisa ditegur oleh OJK.

To Top