Golkar Protes Pelantikan Bupati Terpilih Konsel Ditangguhkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Golkar Protes Pelantikan Bupati Terpilih Konsel Ditangguhkan

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Kemungkinan tertundanya pasangan Surunuddin Dangga itu membuat sejumlah pengurus Golkar di Konawe Selatan melayangkan suara protes. Sebagai partai utama pengusung pasangan Surunuddin-Arsalim, mereka sulit menerima alasan Pemprov Sultra yang mengganjal usulan pasangan Surunuddin-Arsalim.

“Saya kira, alasan soal masih adanya persoalan hukum yang diajukan pasangan lain, tidak boleh jadi kendala usulan pelantikan karena semua syarat administrasi pasangan Surunuddin-Arsalim sudah terpenuhi,” kata Samsu, anggota Fraksi Golkar DPRD Konsel, kemarin. Syarat yang dimaksud Samsu adalah soal keputusan KPU soal kemenangan pasangan tersebut, penetapan dari DPRD Konsel dan yang lain.

Kader Golkar lainnya, H Bahasmi malah menuding Pemprov Sultra terlalu jauh mencampuri urusan Pilkada di Konsel. Padahal menurutnya, semua orang tahu bahwa Konsel sudah punya pemimpin baru, hasil Pilkada 2015 lalu. “DPRD sudah tetapkan, kami juga sudah usulkan ke Kemendagri lewat Gubernur, jadi apa lagi yang mengganjal?,” tukas anggota Komisi I DPRD Konsel ini.

[baca juga: Pelatikan Bupati Terpilih Konsel Ditangguhkan]

Sementara itu Ketua Golkar Konsel, Irham Kalenggo memilih tidak berkonfrontasi langsung dengan Pemprov Sultra. Harapannya, pelantikan bisa dilakukan secepatnya, karena masyarakat di Konsel saat ini sudah gelisah menunggu kapan pimpinan yang mereka pilih dilantik.

Irham berharap agar dalam kasus Pilkada Konsel, proses politik dan proses hukum bisa jalan bersamaan. Artinya pihaknya sangat berharap pemerintah Provinsi untuk melanjutkan dokumen tersebut ke kemendagri untuk segera disahkan. “Kami harap Gubernur tetap melanjutkan usulan pengesahan ke Kemendagri,” katanya. (KP)

loading...
Click to comment
To Top