Karir Novel Baswedan di KPK Bakal Berakhir? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Karir Novel Baswedan di KPK Bakal Berakhir?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang membuat pernyataan mengejutkan soal Novel Baswedan. Karier penyidik senior itu tampaknya bakal berakhir di KPK.

Menurut Saut, KPK membuka peluang untuk Novel bisa berkembang di tempat lain. Meski demikian, kemungkinan diberhentikannya Novel hingga kini masih dibahas di tingkat pimpinan.

“Novel Baswedan itu fleksibel. Kami yakin dia bisa menyesuaikan diri di mana saja dan tetap relevan dengan keahliannya,” kata Saut dalam pesan singkat kepada wartawan, Kamis (4/2).

Saut juga menegaskan, peluang dihentikannya Novel bukan hasil lobi-lobi dengan kepolisian dan kejaksaan. Hal itu terkait kasus dugaan penganiayaan berat terhadap pencuri sarang burung walet yang menjerat Novel.

“Bukan deal-deal. Tapi pengembangan lapangan pengabdian antikorupsi buat Mas Novel Baswedan bisa mengabdi lebih luas lagi di banyak tempat,” ujar Saut.

Sementara itu, Ketua Wadah Pegawai KPK, Faisal, bersikeras bahwa kasus yang menjerat Novel merupakan kriminalisasi. Sehingga, kasus tersebut harus dihentikan tanpa ada lobi-lobi antarlembaga.

“Dalam kasus ini, pimpinan KPK harus independen. Tak ada tawar-menawar,” tegas Faisal‎.

Seperti diketahui, Kejagung menarik berkas dakwaan Novel dari Pengadilan Negeri Bengkulu, Rabu (3/2) kemarin. Penarikan itu setelah pimpinan KPK berkomunikasi dengan Jaksa Agung, HM Prasetyo.

Namun, KPK belum mengetahui bagaimana kelanjutan perkara Novel yang terjadi saat masih bertugas di Polresta Bengkulu pada 2004 itu. Hingga akhirnya, Saut Situmorang mengeluarkan pernyataan yang mengarah pada pemberhentian Novel. (put/JPG)

loading...
Click to comment
To Top