Makassar Menuju Kota Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Makassar Menuju Kota Dunia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Kota Dunia yang merupakan inisiatif pemerintah Kota Makassar sudah memasuki tahap pembahasan.

Setelah pembentukan panitia khusus (pansus) oleh DPRD Makassar rencananya akan dilanjutkan dengan ekspose. Hal itu diungkapkan oleh sekretaris pansus ranperda kota dunia Mesakh Reymond Rantepadang.

Mesakh mengatakan ranperda kota dunia ini merupakan salah satu dukungan untuk mewujudkan visi dan misi Walikota Makassar Danny Pomanto. Makassar menuju kota dunia itulah visi misi yang telah dicanangkan oleh Danny.

“Kita akan melakukan ekspose pada 15 Februari nanti,” kata Mesakh, Jum’at (5/2/2016). Mesakh menyebutkan, untuk materi yang akan dibahas pada ekspose nantinya adalah seputar penataan Kota Makassar. Utamanya lanjut Mesakh terkait pengembangan infrastrukur untuk menunjang Makassar layak disebut sebagai kota dunia.

Ketua Fraksi PDIP ini menambahkan, saat ini anggota dewan masing-masing telah mempelajari naskah akademik ranperda tersebut untuk menyamakan persepsi antara Pemkot Makassar dengan pansus ranperda kota dunia di DPRD Makassar.

”Selama dua pekan ke depan ini kita akan mencari pasal atau bab pembahasan yang perlu dikoreksi,” ungkapnya Mesakh. Pansus ranperda kota dunia ini akan membahasa tahapan-tahapan tentang naskah Ranperda tersebut dan menyesuaikan terhadap visi Walikota Makassar dalam mewujudkan Makassar Kota Dunia. Ranperda tersebut lanjut Mesakh, tidak akan mengorbankan hak-hak warga Kota Makassar.

“Kita akan bahas pasal per pasal dalam ranperda tersebut untuk kesamaan anggota dewan dengan Pemkot, dan ada parameter dengan wujud visi Walikota mewujudkan Pemkot Makassar, seperti tidak mengabaikan hak-hak desibilitas dan kesetabilan keamanan lebih baik,” ungkapnya.

Demi mencapai Makassar lebih baik, perlu biaya besar untuk mencapai keberhasilan tersebut, pasalnya banyak yang akan dibenahi oleh Pemkot dalam mewujudkan hal tersebut. (andini ristyaningrum/pojoksulsel)


loading...
Click to comment
To Top