SE Mendagri Pelantikan Kepala Daerah 17 Februari – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

SE Mendagri Pelantikan Kepala Daerah 17 Februari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dodi Riatmadji memastikan pasangan kepala daerah (kada) terpilih 2015 segera dilantik. Karena surat edaran (SE) Menteri Dalam Negeri sudah terbit.

Rencana pelantikan itu tertuang dalam SE Nomor 005/389/SJ. SE itu ditandatangi Mendagri Tjahjo Kumolo, 5 Februari 2016. “Itu (SE, red) benar. Pelantikan Bupati dan Wali kota terpilih akan dilakukan serentak pada 17 Februari 2016 di provinsi masing-masing,” ujar Dodi kepada JawaPos.com, Jumat (5/2).

Dodi menjelaskan, sebelum bupati dan wali kota terlebih dahulu gubernur terpilih dilantik di Istana Negara, 12 Februari 2016.

“Kepala daerah yang dilantik adalah gubernur, bupati dan wali kota yang akhir masa jabatan (AMJ) berakhir pada bulan Januari. Sedangkan kepala daerah yang berakhir Maret, April, Mei, Juni akan digelar Maret 2016 mendatang,” urai Dodi.

Usai dilantik, bupati dan wali kota diundang ke Jakarta untuk mendengarkan arahan Presiden, Menko, KPK, BIN dan lainnya. “Itu semua dilakukan supaya pola pikirnya komprehensif. Lalu mereka akan mengikuti diklat di Lemhanas,” imbuh Dodi.

Untuk kepala daerah terpilih yang ditetapkan sebagai tersangka dan terindikasi melakukan praktik korupsi, politik uang hingga ijazah palsu, tetap akan dilantik. Namun, jika yang bersangkutan ditetapkan sebagai terdakwa, maka jabatannya akan langsung dicabut. (hyt/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top