Sistem Persampahan Makassar Jadi Contoh Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Sistem Persampahan Makassar Jadi Contoh Nasional

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sistem pengolahan sampah Makassar yang diterapkan sejak kepemimpinan Wali Kota, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto dijadikan contoh nasional. Hal ini diungkapkan wali kota seusai mengikuti rapat kabinet terbatas di Istana Presiden, Jakarta, Jumat 5 Februari.

“Kendala yang dihadapi sebagian besar kota yang sampahnya tidak memenuhi pembakaran 1.000 ton. Solusi yang kami terapkan di Makassar kita mengambil dari timbunan sampah yang ada dan ini akan diikuti kota lain,” ujarnya.

Rapat kabinet dipimpin Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Rapat membahas kebijakan strategis nasional pengelolaan sampah dan percepatan pembangunan listrik berbasis sampah ini diikuti beberapa menteri kordinator negara serta menteri-menteri terkait.

Hanya tujuh kepala daerah yang diundang. enam di antaranya merupakan kota metropolitan, seperti Makassar, Bandung, Tangerang, dan Surabaya ditambah kota Solo untuk kategori kota besar.

Namun wali kota yang diberi kesempatan hingga dua kali menjelaskan bagaimana sistem pengolahan sampah di depan presiden, Makassar pun dianggap paling siap dan akan dijadikan contoh nasional.

Selain TPA Bintang Lima yang akan segera dibangun tahun ini, termasuk pembangkit listrik berbasis sampah di dalamnya. Hal yang tidak dimiliki kota lain, sistem bank sampah dan upaya pelibatan publik terhadap pengolahan persampahan yang justru memberi peluang ekonomi yang sangat menarik bagi pengangguran dan warga kurang mampu.

“Jadi Perpres nanti ini (yang diterapkan berdasarkan pertemuan tersebut) tidak hanya soal listriknya, sampahnya, atau soal lingkungannya. Tetapi juga ada faktor sosial ekonomi di dalamnya dan Makassar jadi contoh untuk itu,” kata Danny lagi. (lin)

loading...
Click to comment
To Top