Wow.. Pasien DBD Melonjak, PMI Makassar Kekurangan Stok Darah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Wow.. Pasien DBD Melonjak, PMI Makassar Kekurangan Stok Darah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Persediaan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar mulai menipis akibat melonjaknya pasien demam berdarah (DBD) di Sulawesi Selatan (Sulsel) di awal tahun 2016 ini.

Kepala Bagian Hunas Transfusi Darah PMI Cabang Makassar, Sultan mengatakan, permintaan trombosit  mulai melonjak sejak awal Januari lalu.

Sultan menyebutkan, sepanjang  Januari permintaan darah ke unit transfusi darah PMI Cabang Makassar untuk penderita DBD sebanyak 66 orang

Sementara untuk bulan Februari ini, sudah 14 penderita DBD meminta darah ke PMI. “Kalau kita lihat kondisi saat ini, dprediksi permintaan darah akan terus meningkat hingga bulan Maret,” kata Sultan, Sabtu (6/2/2016).

Sultan mengatakan, sisa darah trombosit yang terdapat di unit transfusi darah PMI Cabang Makassar berjumlah 54 kantong.  “Itu sudah total 4 golongan darah. Memang stok menurun,” kata dia.

Sultan mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menggandeng pendonor dari berbagai instansi untuk menyediakan darah trombosit. Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat dan keluarga pasien untuk ikut mendonorkan darahnya. (muh fadly/pojoksulsel)

Click to comment
To Top