Ini Jadwal Terbaru Pelantikan Kada Hasil Pilkada Serentak 2015‎ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Jadwal Terbaru Pelantikan Kada Hasil Pilkada Serentak 2015‎

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali merilis jadwal lengkap pelantikan gubernur, bupati dan walikota hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang digelar Desember 2015 lalu.

Berdasarkan rekap rencana pelantikan, Presiden Joko Widodo akan melantik tujuh gubernur dan wakil gubernur pada tanggal 12 Februari bertempat di Istana Negara. “Tangal 12 Februari jam 10.00 samoai 11.00 WIBm tujuh gubernur dilantik bapak Presiden di Istana Negara,” jelas Tjahjo Kumolo kepada fajar.co.id, Minggu (7/2).‎

Lebih lanjut, mantan Sekjen PDI Perjuangan ini mengatakan pada tanggal 17 Februari akan kembali dilakukan pelantikan terhadap 202 bupati dan walikota. Hanya saja, pelantikan bupati dan walikota ini dilaksanakan di masing-masing ibukota provinsi oleh gubernur secara serentak di seluruh Indonesia sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

“Dengan catatan empat kabupaten/kota ditambah satu provinsi proses pelantikannya diundur, serta tujuh Bupati dan walikota yang masih di proses sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK),” lanjutnya.‎

Proses pelantikan selanjutnya akan kembali digelar pada bulan Maret 2016. Dengan rincian 11 bupati dan walikota ditambah satu gubernur Kal Tengah. Untuk Kalimantan Tengah, akan dilaksanakan pelantikannya jika tidak sampai bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). “Kalo tidak masalah sengketa MK, tapi kalau berpeoses di MK maka akan menunggu dulu hasil keputusan MK,” paparnya.

Tahap terakhir pelantikan akan digelar pada bulan Juni mendatang dengan rincian 1 gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Tengah ditambah dengan 30 bupati dan walikota.

“Bulan Juni 2016 1 gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulteng ditambah 30-an bupati dan walikota dilantik di ibukota provinsi. Karena sesuai ketentuan UU masa habis jabatan kepala daerah bulan Juni (tidak boleh dikurangi),” tandasnya. (hrm)

Click to comment
To Top