Militer AS Sering Menyiksa Tahanan di Irak dan Afganistan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Militer AS Sering Menyiksa Tahanan di Irak dan Afganistan

FAJAR.CO.ID,  PENGAKUAN sejumlah tahanan di Irak dan Afganistan terkait tindakan kekerasan yang dilakukan personil militer Amerika Serikat ternyata bukan isapan jempol semata.

Jumat (7/2) Pentagon merilis 198 foto terkait tuduhan penyiksaan dan pelecehan tahanan di Irak dan Afghanistan. Sebagian besar foto close-up menunjukkan dengan jelas luka dan memar di lengan dan kaki tahanan yang mendekam di fasilitas penahanan Amerika Serikat.

Foto-foto tersebut berasal dari hasil investigasi kriminal terhadap 56 dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh personel militer AS.

Sebanyak 14 dugaan itu didukung oleh bukti-bukti yang kuat dan bahkan berujung pada penjatuhan hukuman penjara seumur hidup.

American Civil Liberties Union (ACLU) yang mengajukan gugatan Undang-Undang Kebebasan informasi lebih dari satu dekade lalu untuk atas foto-foto itu, mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 2.000 foto penyiksaan tahanan AS yang sebagian besar belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

“Gambar-gambar yang masih rahasia merupakan bukti terbaik dari pelanggaran serius yang terjadi di pusat-pusat penahanan militer,” kata Wakil Direktur Hukum ACLU, Jameel Jaffer dalam sebuah pernyataan.(ray/jpnn

loading...
Click to comment
To Top