Pemerintah akan Konsisten Evaluasi BBM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Pemerintah akan Konsisten Evaluasi BBM

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja menyampaikan bahwa pemerintah akan konsisten mengevaluasi harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar pada April 2016, meski harga minyak mentah terus mengalami penurunan.

Menurutnya, pihaknya konsisten dengan aturan yang menyatakan harga BBM di evaluasi setiap tiga bulan sekali.

“Kami akan konsisten dengan kebijakan yang ada, kecuali ada hal-hal yang ekstrem sekali,” kata Wiratmaja di Jakarta, Minggu (7/2).

Dia menjelaskan, peninjauan kembali harga BBM setiap tiga bulan sudah melalui kajian yang cukup sebelumnya.

“Peninjauan harga BBM setiap tiga bulan memiliki efek positif yaitu dapat menjaga kestabilan harga BBM dan mempermudah masyarakat serta industri dalam membuat perencanaan,” jelas Wiratmaja.

Jika harga BBM ditetapkan setiap bulan, maka harga BBM dapat turun atau naik terlalu cepat.

“Ketidakstabilan ini yang dapat mempersulit masyarakat,” ujar Wiratmaja.

Diketahui, saat ini, harga premium penugasan di luar Jawa-Bali yang ditetapkan pemerintah per 5 Januari 2016 sebesar Rp 6.950 per liter dan solar bersubsidi Rp 5.650 per liter. Sementara, harga premium di Jawa-Bali yang ditetapkan PT Pertamina (Persero) sebesar Rp 7.050 per liter.

Harga BBM tersebut mengacu harga bensin oktan 92 selama tiga bulan terakhir yang rata-rata USD 57,38 per barel, dan solar USD 54,80 per barel.

Sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 39/2014 tentang Perhitungan Harga Jual Eceran BBM sebagaimana diubah Permen ESDM Nomor 4/2015 dan Permen ESDM Nomor 39/2015 disebutkan harga BBM ditetapkan setiap tiga bulan sekali atau apabila dianggap perlu lebih dari satu kali dalam setiap tiga bulan.

Data Kementerian ESDM, harga minyak mentah Indonesia (Indonesia crude price/ICP) pada Januari 2016 tercatat USD 27,49 per barel. Sedangkan, ICP selama tiga bulan (Oktober-Desember 2015) yang menjadi periode evaluasi harga BBM, rata-rata mencapai USD 40,2 per barel dengan rincian Oktober 2015 sebesar USD 43,68 per barel, November 2015 USD 41,44 per barel, dan Desember USD 35,47 per barel. (wah/rmol)

loading...
Click to comment
To Top