BNPB: 9 Korban Longsor Purworejo Diungsikan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

BNPB: 9 Korban Longsor Purworejo Diungsikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa saat ini masih ada sembilan orang korban longsor di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, JawaTengah . Kesembilan orang ini selamat dan hingga kini diungsikan ke rumah warga.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, BPBD Purworejo sendiri telah memberikan bantuan bagi warga yang mengungsi.

“Sebagian masyarakat menghendaki agar direlokasi ke tempat yang lebih aman,” jelas dia dalam pesan singkatknya kepada JawaPos.com, Minggu (8/2) malam.

BNPB mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Purworejo agar selalu waspada terjadinya longsor. Pasalnya, kabupaten yang memiliki 16 kecamatan itu sebagian besar merupakan daerah dengan topografi perbukitan yang rawan longsor.

“Masyarakat banyak yang tinggal di lereng-lereng perbukitan yang rawan longsor. Mitigasi longsor baik struktural dan non struktural masih sangat terbatas. Itulah yang menyebabkan hampir setiap tahun terjadi longsor,” terang alumnus Institut Pertanian Bogor itu.

Sebelumnya, BNPB telah merilis bahwa total korban tewas akibat longsor mencapai tuju orang. Dua korban terakhir berhasil ditemukan Minggu (7/2) sore. Mereka adalah Triyanto (10), ditemukan pada pukul 15.15 WIB, serta Salimah (60) pukul 15.30 WIB.

Sebelumnya, tim gabungan yang terdiri dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), TNI, Polri, Basarnas, Tagana, PMI, dan masyarakat setempat telah mengevakuasi lima korban. Yakni, Suprapti (45), Erni Yulianti (8), Sumini (80), Fitri (16), dan Amat Sarengat (80).

Saat ini, upaya pencarian sudah dihentikan karena seluruh korban yang berjumlah tujuh orang sudah ditemukan. (fab/jpg)

loading...
Click to comment
To Top