Gagalkan Penyelundupan 10kg Sabu, Kapolres Parepare Dipuji Kapolda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gagalkan Penyelundupan 10kg Sabu, Kapolres Parepare Dipuji Kapolda

FAJAR.CO.ID,  PAREPARE — Kesuksesan Polres Parepare menggagalkan penyelundupan 10 kilogram sabu mendapat apresiasi dari Polda Sulselbar. Kapolda Sulselbar Irjen Pol Pudji Hartanto menjanjikan penghargaan khusus bagi Kapolres Parepare AKBP Alan Gerrit Abast beserta jajarannya.
Menanggapi hal itu, Alan memilih merendah. Lulusan Akpol tahun 1994 ini menyebut penangkapan itu adalah buah kerjakeras banyak pihak. Informasi dari warga, dan kinerja anggota di lapangan bahkan kontribusi media dia sebut punya peran masing-masing. “Ini tidak lepas dari partisipasi semuanya. Kita berkomitmen tinggi memberangus peredaran narkoba,” kata Alan kepada FAJARonline, Senin 8 Februari.
Mantan Kapolres Luwu itu juga berbagi tips, kebiasaannya berbaur dengan masyarakat juga menjadi salah satu faktor pendukung kinerjanya. Secara rutin, Alan memang kerap terlihat di warkop atau di tempat-tempat publik di Parepare. “Informasi jadi lebih mudah. Memantau perkembangan juga lebih efektif jika kita melihat sendiri realitas di lapangan,” jelasnya.
Salah seorang aktivis LSM di Parepare, Syaharuddin mengakui hal tersebut. Dirinya kerap menemui Alan bercengkrama dengan warga di warkop-warkop. “Kebiasaanya memang begitu. Karena kita juga merasa dekat, sehingga tidak sungkan memberi masukan dan informasi-informasi berharga,” katanya.
Di bawah komando Alan, Sulsel mencatat rekor pengungkapan penyelundupan narkoba terbesar sepanjang sejarah. Sebelumnya di Parepare sendiri, jumlah narkoba terbesar yang diungkap ‘hanya’ 3 kilogram, beberapa waktu lalu.
Bukan kali ini saja Alan mendapat apresiasi dari Kapolda. Pertengahan Januari lalu, Alan juga memperoleh penghargaan atas program ‘Polisi Temanta’ yang diklaim sukses menekan angka kriminalitas utamanya curanmor di Parepare. (M Haris Syah)

To Top