Jerman Minta Turki Tahan Arus Pengungsi Suriah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Jerman Minta Turki Tahan Arus Pengungsi Suriah

ANKARA – Kanselir Jerman Angela Merkel mengunjungi Turki, Senin (8/2) untuk membahas upaya mengatasi laju pengungsi Syria menuju Eropa. Merkel akan berdiskusi dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu.

Saat ini, pengungsi dari negara yang tengah mengalami perang sipil tersebut memang membanjiri Eropa. Hingga kini sudah ada sekitar 35 ribu pengungsi Syria yang berjubel di perbatasan Turki.

Mereka adalah penduduk Aleppo yang kini dibombardir pasukan Presiden Syria Bashar Al Assad dan Rusia. Kini, Assad menguasai sebagian besar Aleppo dan membuat pengungsi kian terdesak.

“Saya terkejut dengan penderitaan yang terjadi di Syria karena serangan udara Rusia,” kata Merkel sebagaimana dilansir laman AFP.

Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus menegaskan, kapasitas mereka untuk menampung pengungsi sudah mencapai batas. “Tapi, pada akhirnya, mereka tidak punya tempat lain untuk pergi. Pilihannya apakah mereka akan mati dibom atau kami membuka perbatasan,” ujarnya. (sha/jos/jpnn)

To Top