Sidang Perdana Dugaan Korupsi Barombong Digelar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Sidang Perdana Dugaan Korupsi Barombong Digelar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sidang perdana tiga tersangka kasus dugaan korupsi pembebasan lahan pembangunan Stadion Barombong di Kecamatan Tamalate akan digelar hari ini Selasa, 9 Februari di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar Jalan Kartini

Dari pantauan FAJAR sejak tadi mantan Camat Tamalate yang kini menjabat staf ahli bidang pengembangan tata ruang dan lingkungan Makassar, Ferdy A Amin pun yang merupakan salah satu terdakwa nampak menunggu jadwal sidang. Ferdy datang dengan mengenakan kemeja lengan panjang dipadukan dengan celana kain berwarna abu-abu didampingi pengacaranya.

Ferdy terlihat lalu lalang di depan ruang persidangan sambil merokok. Sesekali ia berdiri sambil memperhatikan layar papan jadwal sidang yang terpasang.

Adapun terdakwa lainnya yakni mantan Lurah Barombong, Andi Ilham, dan mantan Sekretaris Camat Tamalate Firnandar Sabara.

Humas Pengadilan Negeri Makassar, Ibrahim Palino mengatakan rencananya sidang akan digelar Selasa, 9 Februari yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Makassar, Andi Cakra Alam.

Sekadar diketahui berdasarkan hasil penyidikan, para tersangka selaku panitia pembebasan saat itu diduga merekayasa kepemilikan lahan milik warga sehingga pembayaran dana ganti rugi lahan sebesar Rp1,8 miliar tidak tepat sasaran.

Kejaksaan mengusut kasus itu karena diduga terjadi penggelembungan harga pembebasan lahan dan ketiganya ditersangkakan karena perannya dalam proses pembebasan lahan pembangunan stadion Barombong.

Dimana dugaan pelanggaran yang dilakukan tersangka ini adalah penyalahgunaan wewenang dan gratifikasi.

Proses pembebasan sempat bermasalah karena ada pihak yang memiliki sertifikat lahan di kawasan olah raga itu, tapi tidak diakomodir oleh panitia pembebasan lahan. (Arini)

To Top