Pilgub Sulbar, Sembilan Partai Butuh Koalisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pilgub Sulbar, Sembilan Partai Butuh Koalisi

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Dua partai politik dipastikan bisa mengusung kandidat calon gubernur dan sembilan lainnya mesti berkoalisi. Syarat dari 45 kursi DPRD Sulbar 2014-2019 terpenuhi 20 persen dari kursi atau sembilan kursi terpenuhi.

Ada 11 partai duduk kursi di DPRD. Partai Demokrat memiliki 10 kursi dan Golkar sembilan kursi dipastikan bisa mengusung kandidat tanpa koalisi. Sedangkan sembilan lainnya Gerindra (6 kursi), PAN (5 kursi), PDIP (4 kursi), Hanura (3 kursi), PPP (2 kursi), Nasdem (2 kursi), PKS (2 kursi), PKB (1 kursi), dan PKPI mempunyai satu kursi.

Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah menjelaskan pilgub masih masuk tahapan persiapan. “Masih tahap persiapan, seluruh rencana pilkada koordinasi dengan pemerintah daerah untuk pembahasan anggaran. Juga menunggu regulasi. PKPU yang mengatur pencalonan masih proses perbaikan,” ujarnya.

Bila berpedoman pada undang-undang Nomor 8 tahun 2015 pada pasal 40 ayat 1 berbunyi partai politik atau gabungan partai politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota DPRD.

“Tapi semuanya belum bisa ditentukan, sebab semuanya harus disimulasikan, termasuk menghitungnya, sehingga bisa ditentukan partai yang bisa tanpa koalisi. Bila berpedoman pada undang-undang nomor 8 tahun 2015, 20 persen dari kursi,” katanya. (ilham wasi/FAJARONLINE)


 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top