12 Warga Amazon Tewas Tertular Rabies dari Kelelawar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

12 Warga Amazon Tewas Tertular Rabies dari Kelelawar

FAJAR.CO.ID, PERU – Setidaknya 12 orang warga adat pribumi di kawasan Amazon, Peru meninggal dunia karena wabah rabies yang menyebar sejak beberapa bulan terakhir. Tiga di antaranya diketahui adalah anak-anak.

Selain korban tewas, rabies juga menular ke puluhan orang lainnya.  Menyebarnya rabies terjadi setelah adanya penularan penyakit dari kelelawar.

Gubernur wilayah Loreto Peru, Fernando Meléndez menyebut bahwa pihaknya saat ini telah turun tangan dengan memvaksinasi orang-orang pribumi di kawasan tersebut.

“Hari ini orang-orang di Loreto hidup dalam tragedi,” kata Meléndez seperti dimuat The Guardian (Kamis, 11/2).

Sementara itu Wakil Menteri Kesehatan Percy Minaya menyebut bahwa pemeirntah pusat tengah mempersiapkan keadaan darurat yang berujung pada pembebasan dana untuk vaksin tambahan dan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang terkena dampak.

Kematian akibat rabies yang disebabkan oleh gigitan kelelawar merupakan kasus yang langka di Peru. Sedangkan penduduk-pendudukan adat pribumi Peru di Amazon cenderung kekurangan akses ke pelayanan kesehatan dasar. Sehingga untuk bisa mendapatkan penanganan medis, warga pribumi harus menempuh perjalanan hingga berhari-hari. (mel/rmol)

loading...
Click to comment
To Top