Ganjar Ingatkan Desa Gunakan Dana Desa Dengan Baik dan Transparan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ganjar Ingatkan Desa Gunakan Dana Desa Dengan Baik dan Transparan

FAJAR.CO.ID, KENDAL – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rombongan melanjutkan roadshownya di Kabupaten Kendal usai dari Kabupaten Demak, Rabu (10/2) . Didampingi Bupati dan wakil Bupati Terpilih 2015-2020, Mirna – Masrur Masykur, Forkompimda dan SKPD terkait. Usai meninjau kegiatan pembangunan peningkatan jalan Kelurahan Trompo, Kecamatan Kota Kendal dilanjutkan kunjungan ke Balai Desa Botomulyo, Cepiring.

Di tempat tersebut Ganjar sudah ditunggu oleh Kepala Desa dan perangkatnya untuk memberi pengarahan seputar penggunaan dana desa di desa tersebut. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta para perangkat desa agar menggunakan dana desa sebaik-baiknya dan tidak cemburu terhadap perbedaan dana desa yang didapat. Lantaran perbedaan kebutuhan setiap desa.

“Tingkat kebutuhan anggaran untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tidak sama antara desa satu dengan lainnya sehingga tidak boleh ada cemburu atau iri,” kata Ganjar.

Ganjar juga mengatakan, kecemburuan antar perangkat desa akibat perbedaan dana desa justru akan menghambat pembangunan desa dan merugikan masyarakat.

Lanjut Ganjar, pencairan dana desa dibagi menjadi tiga tahap. Sebagian besar pemanfaatannya untuk infrastruktur, dan sebagian lagi untuk masyarakat yang sudah mengembangkan pemberdayaan ekonomi. Ganjar mengingatkan perangkat desa, untuk menyusun perencanaan pembangunan dan penggunaan dana desa secara baik, benar, dan transparan.  Tahap perencanaan menjadi hal penting dalam penggunaan dana desa, untuk menghindari permasalahan hukum yang bisa menjerat perangkat desa itu sendiri.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal Rabu (10/2). Ganjar dan rombongan sampai di Kendal pukul 12.00 wib dan disambut oleh Penjabat Bupati Kendal Kunto Nugroho HP beserta Forkopimda dan pejabat teras Pemkab Kendal, di rumah dinas Bupati. Turut menyambut Bupati dan Wakil Bupati terpilih Mirna Anisa dan Masrur Maskur.

Tidak banyak yang dilakukan disini, hanya mengajak berbincang sejenak Kepala Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kendal Agung Setiawan, menyangkut kegiatan pembangunan peningkatan jalan pemuda dan rehabilitasi trotoar serta  saluran jalan pemuda.

Nampaknya usai mendapat penjelasan dari Agung, Ganjar merasa cukup puas sehingga dia kemudian mengajak untuk langsung meneruskan perjalanan kunkernya ke Desa Botomulyo Kecamatan Cepiring. Di desa ini menurut agendanya Gubernur akan meninjau penggunaan dana desa di desa Botomulyo , dan memberikan pengarahan seputar penggunaan dana desa kepada para Kades sekecamatan Cepiring.

Sesuai rencana Ganjar setelah dari Botomulyo, Gubernur dan rombongan  kemudian meluncur ke desa Tambaksari guna  meninjau desa mandiri pangan pengolahan ikan di desa Tambaksari Kecamatan Rowosari. (kdl/RAKYATJATENG)

 

loading...
Click to comment
To Top