MIRIS! Tidak Punya Meja Kursi, Siswa Belajar di Lantai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

MIRIS! Tidak Punya Meja Kursi, Siswa Belajar di Lantai

FAJAR.CO.ID,  BONE – Siswa SMA Negeri 4 Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) terpaksa belajar dengan cara duduk di lantai. Tanpa pengalas, siswa duduk di ubin dengan bersila sambil belajar. Pasalnya, di kelas mereka tak ada kursi dan meja

Kondisi itu sudah berlangsung sejak Juli  2015. Wakil Kepala Sarana SMA 4 Watampone, Ahmad Jayani mengatakan, sekolahnya tidak ada kursi dan meja karena tak ada pengadaan dari Dinas Pendidikan Bone. “Upaya kita berkali-kali ajukan proposal di dinas dan  provinsi, tapi belum ditanggapi,” kata Ahmad Jayani, Kamis (11/2/2016).

Ahmad jayani berharap, tahun ini, ada bantuan karena siswa belajar melantai. Diapun mengakui jika kondisi siswa yang duduk di lantai tidak nyaman mengikuti pelajaran.

“Sangat berpengaruh kepada siswa, karena menurun daya serap yang dimiliki, kesehatan akan terganggu,” ujarnya.

Disebutkan pula bahwa sekolah tersebut, memiliki siswa 200 orang duduk melantai dari enam kelas. “Itu untuk enam ruang kelas. Lima ruang belajar X IPS dan 1 X Bahasa,” katanya.

Dia egatakan, SMA 4 Watampone butuh 200 pasang meja dan kursi. Sehingga anggaran keseluruhan yang dibutuhkan kurang lebih Rp100 juta.

Sementara informasi yang dihimpun, Sejak  Oktober 2015, sekolah tersebut tidak bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) karena dana BOS hanya untuk pemeliharaan dan perawatan sarana prasarana. (jumardi ramling/pojoksulsel)

Click to comment
To Top