Pak Ganjar, Kami Minta Sabuk Pantai! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pak Ganjar, Kami Minta Sabuk Pantai!

FAJAR.CO.ID, DEMAK – Suasana perkampungan di ujung pesisir Dukuh Nyangkringan RT. 6 RW. 2, Desa Sriwulan, Demak, kemarin mendadak ramai. Ini karena Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama rombongan melakukan blusukan di lokasi abrasi berkepanjangan. Diantaranya di Desa Sriwulan dan Timbulsloko, Rabu (10/2) pagi.

Dengan  memakai kemeja lengan pendek motif batik celana warna hitam, orang nomor satu di Jateng tersebut bergegas turun dari mobil dan menyapa warga. Dia langsung mengecek serta memastikan kondisi kawasan terdampak abrasi.

Dikatakan Ganjar, bahwa permasalahan abrasi di wilayah Sayung bukan persoalan yang remeh-temeh. Setidaknya, masih Ganjar, dalam penanganannya itu harus diselesaikan secara optimal. Dalam hal ini, dibutuhkan kajian yang komprehensif oleh profesional di bidangnya untuk mengatasi abrasi.

“Di wilayah terdampak abrasi ini kalau cuma jalan rusak, terus dibangun, besoknya pasti rusak lagi. Jadi harus dibuat sabuk pantai. Entah itu seawall atau mangrove. Yang penting penanganan abrasinya dulu yang diutamakan,” terang Ganjar Pranowo kepada Rakyat Jateng.

Ganjar juga menambahkan, pada tahun ini pemerintah sedang merancang program jitu yaitu Deatail Engineering Design (DED) untuk pembuatan sabuk pantai sepanjang 15 kilometer. Perencanaan teknis untuk sabuk pantai tersebut membentang dari wilayah Kecamatan Sayung hingga Sungai Wulan Kecamatan Wedung.

“Kami kerjasama dengan pemerintah pusat, termasuk pihak Kementerian PU. Untuk total anggaran masih dirumuskan. Tahun depan kita realisasikan pembangunan,” imbuhnya.

Sementara Penjabat Kepala Desa Sriwulan, Zamroni, SE mengapresiasi niat baik kunjungan dari Gubernur Jawa Tengah itu. Terlebih dirinya bersama warga desanya pun tak sabar menunggu aksi nyata programnya itu yakni pembuatan sabuk pantai. Dikarenakan kondisi desanya selama ini sangat memperihatinkan dan juga wilayah Desa yang dipimpinnya itu masuk kategori sebagai desa tertinggal akibat kondisi infrastruktur yang rusak dilalap abrasi berkepanjangan.

“Kami meminta adanya sabuk pantai. Semoga langkah Pak Ganjar terealisasi nyata untuk segera membuatkan sabuk pantai. Sehingga pembangunan infrastruktur desa tidak terus menerus rusak akibat abrasi berkelanjutan,” pinta Zamroni. (fiz/RAKYATJATENG)

 

loading...
Click to comment
To Top