Untuk Pilgub Sulbar, Nasdem Tunggu Survei – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Untuk Pilgub Sulbar, Nasdem Tunggu Survei

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Penentuan sikap usungan dari Partai Nasional Demokrat atau Partai NasDem pada Pilkada Gubernur Sulawesi Barat 2017 belum terlihat.
Pergerakan NasDem di Sulbar pun untuk dukungan serta koalisi partai menunggu arahan Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh dan hasil survei.
NasDem juga menyerahkan sepenuhnya kepada lembaga survei yang diturunkan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP). Meski NasDem hanya memiiki dua kursi di DPRD Provinsi Sulbar, sehingga bila ingin mengusung harus mencari koalisi, Nasdem tak mudah untuk dipinang kandidat tertentu, sebab ditentukan survei.
Ketua DPW NasDem Sulbar, Abd Rahim, mengatakan sikap partai NasDem untuk mengusung ditentukan oleh lembaga survei yang diturunkan DPP. “Ada empat lembaga yang biasanya digunakan oleh NasDem. Survei inilah yang menentukan.  Kitab suci lembaga kami ada pada lembaga survei, dan lembaga survei bisa percaya,” ujarnya.
Empat lembaga survei digunakan oleh NasDem, kata Rahim, Lembaga survei kerap digunakan yaitu Lembaga Survey Indonesia, Charta Politika, Indo Barometer dan PolMark.
“Lembaga itu menjadi referensi yang disampaikan DPP kepada kami. Sehingga, NasDem berhasil memenangkan 122 pilkada dari 269 pilkada kemarin di kabupaten maupun kota,” tuturnya.
Bila telah mengantongi hasil lembaga survei, NasDem Sulbar baru menentukan arah politik. Meski masing-masing Dewan Pengurus Daerah (DPD) memiliki usulan, akan tetapi semua mengacu pada hasil survei.
“Ini juga agar tidak terjadi konflik horizontol antar kader. Misalnya ada dekat ke Ali Baal Masdar (ABM), dan di Mamuju dekat SDK, atau dekat Pak Ramlan misalnya. Semuanya tetap mengacu survei yang diturunkan DPP,” jelas legislator DPRD Provinsi Sulbar ini. Meskipun ada kandidat menjalin komunikasi dengan DPW NasDem Sulbar. Arah dukungan acuannya pada survei. (Ilham Wasi)
loading...
Click to comment
To Top