Rugikan Negara Rp. 4,3 M, Dosen Ini Hanya Dikurung 14 Bulan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Rugikan Negara Rp. 4,3 M, Dosen Ini Hanya Dikurung 14 Bulan

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Dosen Politeknik Perhubungan Darat Tegal, Jawa Tengah, Andi Sahara, dijatuhi hukuman 14 bulan penjara dalam kasus korupsi pembangunan asrama milik lembaga pendidikan tersebut pada 2013.

Putusan yang dibacakan Hakim Ketua Suprapti dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Kamis, lebih rendah dari tuntutan jaksa selama 1,5 tahun.

Hakim juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp50 juta yang jika tidak dibayarkan maka akan diganti dengan hukuman kurungan selama tiga bulan.

“Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dan ditambahkan dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” katanya.

Dalam perkara tersebut, terdakwa tidak diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara.

Menurut hakim, perbuatan terdakwa yang menjabat sebagai pejabat pembuat komitmen dalam proyek tersebut berpotensi merugikan negara.

Dalam perkara tersebut, Andi Sahara didakwa merugikan negara Rp4,3 miliar dalam proyek pembangunan asrama Politeknik Perhubungan Darat Tegal senilai Rp10 miliar.

Sebagai pejabat pembuat komitmen, terdakwa menyatakan pekerjaan dalam proyek tersebut telah selesai 100 persen sebelum akhirnya dilakukan pembayaran kepada kontraktor.

Padahal, pengerjaan proyek tersebut berdasarkan perhitungan kejaksaan baru mencapai 83 persen.

Atas ptusan tersebut, baik jaksa maupun terdakwa masih menyatakan pikir-pikir. (*/RAKYATJATENG)

 

 

 

loading...
Click to comment
To Top