KKSS Jateng akan Beri Gelar Kehormatan pada Ganjar Pranowo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KKSS Jateng akan Beri Gelar Kehormatan pada Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya akan diberi gelar kehormatan dari Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan Jawa Tengah (BPW KKSS Jateng) besok, Minggu, 14 Februari, 2016, di Hotel Lor In, Solo, siang, yang dirangkaikan juga dengan pengukuhan pengurus BPW KKSS Jawa Tengah periode 2015-2020.

Menurut Ketua BPW KKSS Jawa Tengah Musdalifah Pangka D Widardjo, gelar kehormatan merupakan tradisi masyarakat Sulawesi Selatan kepada pemimpin-pemimpin yang dinilai memiliki keteladanan, ketokohan dan kapasitas sebagai pemimpin yang mumpuni serta mengayomi masyarakat tanpa membedakan latar belakangnya sosial budayanya.

“Dalam konteks kepemimpinan di Jawa Tengah, Pak Ganjar Pranowo selama ini telah menunjukkan kualitas dan kinerja kepemimpinan yang melindungi dan keberpihakan kepada warga melampui dirinya, termasuk mengayomi warga KKSS yang ada di Jawa Tengah,” kata Musdalifah.

Pemberian gelar ini ditandai dengan pemasangan sarung sutra (sabbe) dan baju adat Bugis Makassar beserta peci kepada Gubernur Jawa Tengah oleh Musdalifah selaku Ketua BPW KKSS Jawa Tengah. Adapun kepada Nyonya Ganjar akan dikenakan baju bodo, “KKSS juga akan menyambut beliau dengan ritual angngaru, semacam janji dan sumpah setia kepada sang pemimpin,” tambahnya.

Rencananya akan hadir pula Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Dewan Penasehat KKSS HM Alwi Hamu, Wakil Ketua Umum KKSS Andi Jamaro, Sekjen KKSS Ibnu Munzir dana Wakil Sekjen KKSS Nur Amin.

Andi Jamaro mengatakan pemberian gelar kehormatan kepada pemimpin daerah sudah sering diberikan KKSS, terakhir kepada Walikota Depok. KKSS juga pernah memberikan gelar serupa kepada Gubernur Jambi dan Walikota Bogor.

“Pemberian gelar lebih dulu dilakukan sidang adat karena pemberian tersebut  tidak sembarangan lantaran memiliki kriteria yang ketat,” jelasnya.

loading...
Click to comment
To Top