Krishna Murti Kisahkan Pengalamannya di Kalijodo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Krishna Murti Kisahkan Pengalamannya di Kalijodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat ini tengah ramai diperbincangkan soal penertiban kawasan Kalijodo, Jakarta Barat. Wilayah yang dikenal keras ini ternyata sempat menjadi wilayah hukum Kombes Krishna Murti di era awal tahun 2.000-an.

Ini dijelaskan pria yang kini menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya itu saat dia masih menjadi Kapolsek Penjaringan di tahun 2001 hingga 2004.

“Saya dulu pernah di sana selama 3,5 tahun (3 tahun, 6 bulan), kami meratakan Kalijodo bersama Sutiyoso ketika itu Gubernur DKI,” katanya, Jumat (12/2).

Dia menjelaskan, saat itu kawasan Kalijodo terkenal sarang judi dan preman. “Preman semuanya habis sampai dua ribu preman, nah mungkin dulu masih ada sisa-sisa berkembang sampai sekarang,” bebernya.

Krishna juga mengatakan, di eranya dulu warga Kalijodo sangat keras penolakannya jika disuruh berpindah lokasi, padahal bangunan berdiri di atas tanah Negara.

“Di sana dibangun kafe-kafe yang ilegal, di sana juga ada mucikari mungkin, dan minuman keras kelas bawah,” sambung lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991 itu.

Krishna juga menyarankan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama sebelum menertibkan wilayah itu harus ada pertimbangan dulu.

“Dampak dari penggusuran harus dipertimbangkan, di sana ada bangunan warga yang berdiri di atas tanah negara dan diam bertahun, ada yang sementara,” tambah dia.

Sementara Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal yang merupakan satu angkatan bersama Krishna di Akpol menyatakan kesiapan pihaknya mengawal penertiban. “Tapi tentunya akan ada sosialisasi terlebih dahulu, dan memang ada prosedurnya,” ucap dia.(elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top