Waktu Pencairan Dana Desa akan Diperpendek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Waktu Pencairan Dana Desa akan Diperpendek

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes) akan memperpendek rentang pencairan dana desa dari sebelumnya tiga tahap menjadi dua tahap.

“Dana Desa tahap pertama akan mulai disalurkan pada Maret sebanyak 60 persen atau sekitar Rp 28,2 triliun. Sedangkan tahap kedua sebesar 40 persen akan disalurkan pada Agustus,” ujar Mendes Marwan Jafar di Jakarta (Jumat, 12/2).

Untuk itu, dia meminta agar seluruh perangkat desa dan unsur masyarakat segera membuat perencanaan program, sehingga proses penyaluran dana desa menjadi lancar.

“Semua persyaratan dan mekanisme dana desa ini harus segera disiapkan desa. Kita ikhtiarkan bersama agar jangan lagi ada yang terlambat,” beber Marwan.

Dia memastikan bahwa pencairan dalam dua tahap bisa memudahkan masyarakat desa mulai membuat perencanaan program, pelaksanaan maupun pelaporannya.

Marwan mengingatkan agar penggunaan dana desa diutamakan untuk membangun infastruktur desa, seperti jalan dan saluran irigasi. Termasuk fasilitas-fasilitas untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti sumur bersama, dan embung penampungan air.

Program infrastruktur yang dibangun pakai dana desa juga harus padat karya. Pekerjanya harus dari masyarakat desa setempat, bahan-bahan bakunya harus dari desa setempat, kecuali kalau bahannya tidak ada di desa, baru boleh beli ke luar,” jelasnya.

Kebijakan pencairan dana desa dalam dua tahap sendiri diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan yang sudah dalam tahap finalisasi. Pemerintah menaikkan anggaran dana desa yang sebelumnya Rp 20 triliun menjadi Rp 47 triliun pada 2016 ini. (wah/rmol)

loading...
Click to comment
To Top