Batam-Bintang “Dikepung” Wisman asal Tiongkok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Batam-Bintang “Dikepung” Wisman asal Tiongkok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Promosi pariwisata yang gencar di Tiongkok rupanya semakin terasa di awal tahun 2016 ini. Batam-Bintang yang sering disebut dengan istilah Great Batam, juga dikepung wisatawan mancanegara (wisman) asal Negeri Tembok Raksana itu. Bedanya, mereka menyeberang dari negara tetangga Singapore melalui jalur laut. Tidak langsung terbang dari kota-kota di Tiongkok.

“Bagi kami, itu tidak menjadi soal, mau datang darimana saja yang penting masuk, merayakan Imlek di Indonesia dengan status wisatawan,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya

Kata dia, dari data BPPD Kepri, hotel dan penginapan di kedua kawasan tersebut penuh. Saat libur Imlek, 8 Februari 2016 itu semingg sebelum dan sesudahnya sudah fully book. Wisatawan Tiongkok tercatat paling banyak membanjiri kawasan Batam dan Bintan tersebut. “Itulah pentingnya kita mempromosikan Wonderful Indonesia di Singapore. Di sanalah international hub yang efektif untuk berpromosi,” kata mantan Dirut PT Telkom ini.

Dari data di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, sejak Jumat (5/2), jumlah wisatawan masuk mencapai 1.800 orang. Sabtu (6/2), jumlah kunjungan wisatawan mencapai 2.300 orang. Di hari Minggu (7/2), jumlahnya menembus 2.800 orang. Untuk Senin (8/2), angka kunjungan mencapai 1.800 orang.

“Ada 8.900 wisman selama empat hari itu. Ini lebih banyak dari hari libur akhir pecan biasanya. Saat libur akhir pekan biasanya hanya berkisar 1.500-1.800 orang,” jelas  Arief Yahya yang didampingi Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata I Gde Pitana yang didampingi Asisten Deputi Pemasaran Wilayah ASEAN Rizky Handayani, Jumat (12/2) itu.

Menpar Arief Yahna memang menaruh perhatian serius pada turis Tiongkok. Promosi dan aneka pagelaran selalu disiapkan untuk lebih mendatangkan turis Negeri Panda itu. Tiongkok adalah pasar potensional. “Tetapi kita sadar, bahwa aksesibilitas dari berbagai kota besar di Tiongkok yang langsung ke Indonesia itu hanya 30 persen. Sisanya, 70 persen harus transit di Singapore, Kuala Lumpur, dan Hongkong sebelum masuk ke Indonesia,” jelas Marketeer of The Year 2013 ini.

Itulah, jawaban mengapa promosi di Singapore itu menjadi sangat penting. “Istilahnya, menjading di kolam yang banyak ikan. Singapore adalah destinasi yang penting juga bagi Tiongkok. Menggaet pasar Tiongkok yang sedang berwisata atau sedang mengambil paket ke Singapore, itu cukup efektif. Di Singapore mereka menyaksikan man made, sedang di Batam Bintan mereka melihat nature dan culture,” ungkap pria asal Banyuwangi ini.

Prediksnya itu rupanya terbukti. Tiongkok menjadi negara nomor satu yang paling banyak mengunjungi Batam dan Bintan saat libur Imlek 2016. Prosentasenya mencapat 30,15 persen. Kemudian disusul turis asal Singapura sebanyak 20,66 persen. Urutan ketiga ditempati Malaysia dengan 12,75 persen. Kemudian wisman asal Inggris sebanyak 11,16 persen. Selanjutnya, wisman asal Amerika 6,44 persen. Selebihnya merupakan wisman asal Prancis, Jerman, Kanada, Selandia Baru, Belanda, Italia, Rusia, dan beberapa negara Eropa lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti ikut mengamini. Dari paparannya, kawasan Batam dan Bintan sudah menjadi destinasi favorit wisatawan asal Negeri Tirai Bambu tersebut. Dari data PT Bintan Resort Cakrawala Group, selama empat hari perayaan Imlek 2016, semua kamar hotel dan resort di kawasan lagoi terisi penuh. Total, ada 1.600 kamar yang terisi penuh oleh wisatawan. “Mayoritas memang dari Tiongkok,” papar Guntur Sakti.

Biro perjalanan wisata pun diuntungkan. Contoh kecil saja, 410 paket wisman yang ditawarkan NJI Tour ludes. Tawaran 104 paket Best Tour and Travel juga ikut habis. Dan Desindo mampu menjual 340 paket. “Itu belum semua. Ada beberapa perusahaan agen perjalanan yang belum melapor,” kata Guntur.

Menurut Guntur, saat menyambut para turis tersebut, pelaku pariwisata Batam dan Bintan banyak menyiapkan paket-paket hiburan yang amat menyenangkan tamu. Hotel Lagoi Bintan misalnya. Penyambutan Imlek dI sana diramaikan dengan aksi Delon, jebolan Indonesian Idol. Sementara di Batam, Hotel Nongsa menyiapkan Nongsa Sensation yang menemani wisatawan saat membuka tahun baru Imlek.

loading...
Click to comment
To Top